1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Posyandu Dahlia kecamatan Rantau Pulung raih juara tiga se-Kaltim

“Meski hanya meraih peringkat ketiga, namun mampu menjadi kebanggaan masyarakat dan pengurusnya”.

Tim PKK Kutim dan Kaltim saat melakukan peninjauan dan penilaian di Posyandu Dahlia, kecamatan Rantau Pulung beberapa waktu lalu, lagi mejeng bersama. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Senin, 05 Desember 2016 08:16

Merdeka.com, Kutai Timur - Perjuangan Posyandu Dahlia kecamatan Rantau Pulung yang dinobatkan sebagai juara pertama se-Kutim dan mewakili kabupaten ini ikut lomba yang sama di tingkat provinsi Kaltim dan meraih juara ketiga. Ini merupakan perjuangan yang panjang dan sudah maksimal, sehingga menjadi kebanggaan masyarakat.

Meski hanya meraih peringkat ketiga, namun mampu menjadi kebanggaan masyarakat dan pengurusnya. Demikian juga pembinanya dan masyarakat kecamatan Rantau Pulung turut merasakan manfaat keberadaan Posyandu Dahlia tersebut. Kini, Posyandu Dahlia tak lagi menempati bekas rumah eks transmigran, namun telah memiliki lokasi sendiri yang cukup representative.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kutim Moch Erlyan Noor membenarkan, jika Posyandu Dahlia menjadi juara ketiga tingkat provinsi. BPMPD Kutim merupakan salah satu instansi yang menjadi Pembina Posyandu Dahlia di daerah ini.

Menurut Wakil IV Ketua TP PKK Kutim, dr Yuwana, secara teknis, Posyandu Dahlia dalam pembinaan lintas sektor yaitu Diskes, BPPKB, BPM PD dan TP PKK. Dengan ikutnya Posyandu Dahlia mewakili Kabupaten Kutim diharapkan menjadi motivasi untuk memajukan Posyandu dalam melayani masyarakat. Menjadi contoh untuk posyandu lainnya, khususnya di Kecamatan Rantau Pulung dan yang ada di Kabupaten Kutim pada umumnya.

Meski tidak merebut juara pertama, namun perolehan peringkat ketiga se-Kaltim ini turut membanggakan. Diharapkan ini sebagai motivasi ke depan, sehingga akan dilakukan pembenahan lagi ke dalam serta beberapa posyandu lainnya juga demikian.

PKK Kutim selaku salah satu Pembina Posyandu mengatakan, akan terus melakukan pembinaan kepada Posyandu Dalia di Rantau Pulung maupun Posyandu lainnya di Kutim ini. Diharapkan, Posyandu yang lain juga ikut berbenah diri dalam berbagai hal, jika ada lomba yag sama tahun depan akan mewakili Kutim dan meraih prestasi yang terbaik.

Dia menjelaskan bahwa Posyandu sebagai salah satu bentuk upaya bersumber daya masyarakat yang dikelola oleh, dari, dan untuk masyakat. Dia menganggap Posyandu Dahlia berhak mewakili Kabupaten Kutim setelah berhasil menyisihkan posyandu lainnya.

Kepala Desa Tepian Makmur Muanam saat itu mengatakan Posyandu Dahlia merupakan  pusat pelayanan kesehatan dasar dari masyarakat, oleh masyarakat, untuk masyarakat. Posyandu Dahlia berintegrasi dalam pelayanan bagi bayi balita dan lansia.

“Posyandu Dahlia juga telah memiliki banyak prestasi diantaranya  juara I lomba Posyandu tingkat Kecamatan Rantau Pulung, juara I posyandu tingkat Kabupaten Kutim, juara I lomba penyuluhan kader posyandu Kabupaten Kutim, juara I lomba balita sehat Kecamatan Rantau Pulung, dan juara II lomba balita sehat Kabupaten Kutim,” katanya.

Dia berharap Posyandu Dahlia bisa bermanfaat untuk masyarakat dan bisa terus meningkatkan kualitas pelayanannya bagi kemajuan desa Tepian Makmur dan Kecamatan Rantau Pulung pada umumnya.

(AJ/AJ)
  1. Info Kutai Timur
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA