1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Meriahkan HUT RI, TNI AL Sangatta gelar lomba panjat pinang

"Lebih utama adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama dan membentuk jiwa nasional bagi semua," kata Roqi.

Lomba Panjat Pinang yang digelar di Mako Lanal Sangatta, bakal dilaksanakan kembali pada peringatan HUT ke-72 RI tahun 2017. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Sabtu, 12 Agustus 2017 10:09

Merdeka.com, Kutai Timur - Guna memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 RI tahun ini, jajaran TNI AL (Angkatan Laut) di Sangatta menggelar sejumlah lomba. Salah satunya adalah lomba panjat pinang antar instansi termasuk swasta.

“Peserta terdiri dari TNI-Polri, seluruh Instansi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan berbagai Perusahaan yang ada di Kabupaten Kutai Timur (Kutim),” kata koordinator panitia pelaksana Kapten Marinir Roqi Munthazar.

Kegiatan akan dilaksanakan pada Sabtu, 19 Agustus mendatang, di Mako Lanal Sangatta, Komplek Perkantoran Bukit Pelangi. Lomba dimulai pukul 13.00 wita sampai selesai. Melalui acara ini, panitia penyelenggara yakni Lanal Sangatta berharap, agar masyarakat yang ada di Sangatta dan sekitarnya dapat menghadiri memberikan dukungan. Menurutnya kegiatan ini  bertujuan untuk meningkatkan semangat kemerdekaan Prajurit Lanal Sangatta, Instansi Pemerintah dan perusahaan swasta.

"Lebih utama adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama dan membentuk jiwa nasional bagi semua," kata Roqi.

Seperti diketahui lomba panjat pinang merupakan kegiatan tradisional yang rutin digelar setiap tahun untuk memeriahkan HUT RI. Selain menyajikan gelak tawa akibat tingkah laku para peserta yang susah payah menaiki pinang berlumur pelicin dari oli , ternyata lomba ini juga mengandung sebuah filosofi tersirat. Rusliansyah Warga Margo Santoso, mengungkapkan bahwa jika diperhatikan lomba panjat pinang selain kegiatan positif juga memiliki filosopi tentang kemerdekaan.

"Meraih kemerdekaan butuh kerjasama dan perjuangan. Hal tersebut terlihat di lomba panjat pinang, dimana setiap peserta bersusah payah untuk naik. Namun dengan bahu-membahu bekerja sama mencapai ujung pohon pinang, diraihlah kemenangan laksana ‘kemerdekaan’," tuturnya.

(AJ/AJ)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA