1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Bupati minta mahasiswa Kutim yang ada di Rusia belajar serius

"Manfaatkan dengan maksimal untuk pengembangan kualitas sumber daya manusia ke depan,” kata Ismunandar.

Bupati Ismunandar didampingi Asisten Kesra Sekda dan Kasubag Pemberitaan Imam Sujono Lutfi berfoto bersama dengan mahasiswa yang melakukan audiensi di ruang kerja bupati, sebelum kembali ke Rusia. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Jum'at, 16 September 2016 07:09

Merdeka.com, Kutai Timur - Saat di Sangatta, sebelum bertolak kembali ke Rusia untuk mengikuti perkuliahan ilmu perkeretaapian, sepuluh mahasiswa Kutim yang mendapatkan beasiswa “Kaltim Cemerlang” menyempatkan diri sowan ke Bupati Ismunandar.
Mahasiswa angkatan kedua program beasiswa ke Rusia yang menghadap ini diterima langsung Bupati Kutim Ismunandar di Ruang Kerjanya. Diruangan tersebut juga hadir Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Kabupaten Mugeni, jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) serta Kasubbag Pemberitaan Iman S Lutfi belum lama ini.

Ismunandar menyampaikan harapannya kepada seluruh mahasiswa asal Kutim yang akan kembali ke Rusia untuk belajar ilmu perkeretaapian, agar terus belajar serius menekuni ilmu yang diajarkan. Sehingga saat lulus dan kembali ke Kaltim, Kutim khususnya dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh demi kemajuan daerah ini.

“Tidak semua pelajar yang bisa lulus program (beasiswa ke Rusia) ini. Untuk itu sudah seharusnya kesempatan yang diperoleh benar-benar dimanfaatkan dengan maksimal sebagai upaya pengembangan kualitas sumber daya manusia,” kata Ismu, sapaan akrab mantan Sekretaris Daerah Kutim ini.

Seorang perwakilan mahasiswa dihadapan Bupati saat itu berharap agar Pemkab Kutim melalui kebijakan pemimpinnya, bisa memberikan dukungan lain yang dibutuhkan oleh mahasiswa asal Kutim selama di Rusia.

Menanggapi hal itu, Ismu dengan diplomatis mengatakan bahwa Pemkab Kutim pasti akan memberikan dukungan kepada duta mahasiswa daerah ini yang tengah menempuh pendidikan di Negara lain. Namun dalam bentuk apa dan nilainya berapa, Ismu mengatakan nanti akan dikoordinasikan dengan Disdikbud selaku instansi penanggung jawab program pendidikan.

Orang nomor satu di Pemkab Kutim ini berharap, mahasiswa Kutim yang kuliah di Rusia bisa menjalankan perkuliahan dengan lancar, bisa beradaptasi dengan pola hidup selama di Rusia, selalu diberi kesehatan dan nantinya dapat lulus dengan peringkat terbaik. Sebelum pamit, mahasiswa Kutim menyerahkan cinderamata kepada Bupati berupa gambar rel dan kereta api.

Perlu di ketahui bahwa pengiriman mahasiswa ke Rusia ini merupakan program Pemprov Kaltim untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) di bidang perkeretaapian, sejalan dengan rencana perusahaan Russian Railways membangun rel kereta api di Kaltim.

Para mahasiswa tersebut ditempatkan di empat perguruan tinggi ternama di Rusia yang memiliki spesialisasi pada bidang transportasi dan kereta api. Antara lain Moscow State University of Railway Engineering, Saint Petersburg Railroad University, Rostov State Transport University, dan Samara State University of Transport.

(AJ/AJ)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA