1. KUTAI TIMUR
  2. SENI BUDAYA

Marching Band WPS tampil 12 menit memukau peserta apel HUT RI ke-72 di Kutim

“Dengan kesiapan yang cukup singkat, yaitu dua pekan, mampu menampilkan yang terbaik pada peringatan HUT RI,” kata Hendry.

Marching Band Waditra Prima Sangatta (WPS) ini mampu memukau peserta dan tamu undangan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus di halaman kantor bupati, kawasan Bukit Pelangi, Kutai Timur. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Jum'at, 18 Agustus 2017 08:56

Merdeka.com, Kutai Timur - Marching Band Waditra Prima Sangatta (MB WPS) PT Kaltim Prima Coal (KPC) yang merupakan binaan dari Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara (YPPSB) dan Dinas Pendidikan Kutim, untuk kesekian kalinya tampil memukau di hadapan publik. Hal yang sama juga ditunjukkan pada saat tampil peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 72 di halaman Kantor Bupati, Bukit Pelangi, Sangatta Utara, Kamis (17/8).

Marching Band yang pernah di undang tampil di Istana Merdeka pada HUT Kemerdekaan ke 70 RI dihadapan Presiden RI Joko Widodo ini menampilkan pertunjukkannya yang sangat spektakuler. Tak ayal penampilan MB WPS membuat peserta upacara dan undangan berdecak kagum.

Kali ini MB WPS menyuguhkan tampilan bertema “Romantika 45”, menceritakan sisi perjuangan kemerdekaan dari sisi yang romantis. Mengisahkan sisi para isteri yang ditinggalkan para pasangannya bertempur melawan penjajah demi merebut kemerdekaan Indonesia. Suguhan MB WPS dikemas dengan instrument musik apik beserta tarian. Penampilan MB WPS berlangsung sekitar 12 menit.

Keseluruhan personil yang tampil kali ini sebanyak 150 orang. Termasuk pelatih, crew dan personil korsik yang terdiri dari siswa siswi SD dan SMP YPPSB. Kemudian tambahan dari beberapa sekolah di Kutim.

Marching Band yang dipercaya sejak 3 tahun terakhir mengisi korsik dan acara hiburan di setiap kegiatan upacara di lingkungan Pemkab Kutim ini juga pernah tampil di Festival Khatulistiwa di Pontianak pada peringatan HUT RI Ke 70. Untuk ke depannya WPS akan berencana mengikuti kejuaraan tingkat Internasional Thailand Word Music Championship (TWMC) di Thailand.

Perlu diketahui MB WPS sudah berdiri sejak 1998 dan telah banyak menorehkan prestasi. Diantaranya juara umum 2 Darunnajah Jakarta, juara Umum KMF di Samarinda, juara umum di Bali Marching Band Langgam Bali 2011. Berikutnya juara 4 Grand Prix Marching Band 2012 di Jakarta, dan di 2014 menjadi juara 2 Nasional  Grand Prix Marching Band (GPMB) terakhir juara 3 GPMB 2016. Serta sejumlah prestasi membanggakan lainnya.

Manager  MB WPS Amat Isa saat ditemui usai penampilan anak didiknya dihadapan pejabat lingkup Pemkab Kutim mengaku sangat bangga. Karena anak didiknya kembali dipercaya tampil di acara HUT detik-detik proklamasi kemerdekaan RI yang ke 72. Dia berharap kerjasama antara WB WPS dengan Pemkab Kutim terus berjalan sehingga marching band binaan PT KPC ini bisa terus tampil.

Kepala Pelatih Hendry Sulistiyo menambahkan, tema yang dibawakan saat ini terinspirasi dari melihat acara “music harmoni’ bernuansa orchestra disalah satu TV swasta nasional. Sehingga muncul ide bagaimana kalau dikemas dan ditampilkan oleh MB WPS.

“Dengan kesiapan yang cukup singkat, yaitu 2 minggu, MB WPS bisa menyuguhkan tampilan yang memukau di acara kemerdekaan RI ini. Walaupun sebenarnya untuk menampilkan suguhan dengan full team membutuhkan waktu berbulan bulan,” ujar Hendry.

Di akhir penampilan, MB WPS mendapat aplaus yang meriah dari seluruh hadirin yang ada.




(AJ/AJ)
  1. Seni dan Budaya
  2. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA