1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Kwarcab Kutim gelar lomba regu pramuka tingkat penggalang

“Kegiatan (lomba regu pramuka) ini, bukan hanya kegiatan program daerah, tapi program nasional bahkan internasional,” kata Kasmidi.

Kasmidi selaku Ketua Kwarcab Pramuka berfoto bersama dengan pengurus dan peserta lomba regu pramuka se-Kutim. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Selasa, 04 Oktober 2016 08:28

Merdeka.com, Kutai Timur - Sebagai upaya meningkatkan kualitas generasi pramuka terbaik, khususnya Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kwartir Cabang Pramuka (Kwarcab) Kutim menyelenggarakan “Lomba Regu Pramuka Penggalang Tingkat Kwarcab Kutim (LT-III)”. Kegiatan itu diikuti pelajar SMP dari 11 kecamatan se-Kutim.

Lomba dilaksanakan di Gedung Kwarcab Pramuka Kutim, jalan PLN, Kecamatan Sangatta Utara, Senin (3/10) ini dibuka langsung oleh Ketua Kwarcab Pramuka Kutim Kasmidi Bulang. Kegiatan diikuti 168 peserta, terdiri dari 21 regu pelajar tingkat SMP dari 11 kecamatan yang ada di Kutim. Dengan mengusung tema “Mandiri, Berprestasi, dan Berkarakter”, lomba ini dijadwalkan berakhir 6 Oktober 2016 nanti.

Turut hadir pada upacara pembukaan antara lain Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Kabupaten Mugeni, Anggota DPRD Kutim Herlang Mappatitti, perwakilan TNI dan Polri, kakak-kakak pramuka dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan para pengurus Kwarcab Pramuka Kutim.

“Kegiatan (lomba regu pramuka) ini, bukan hanya kegiatan program daerah, tapi program nasional bahkan internasional. Jadi jenjangnya dari kecamatan, sekarang ditingkat Kabupaten. Kita nanti memilih yang terbaik dan akan dipertandingkan di tingkat Provinsi Kaltim. Setelah itu kita berharap bisa keluar sebagai pemenang dan mewakili Kaltim di tingkat nasional,” harap Kasmidi Bulang yang juga Wabup Kutim dihadapan seluruh peserta.

Pada kesempatan tersebut, Kasmidi menekankan beberapa hal untuk diingat seluruh pramuka. Yakni seluruh pramuka wajib berprestasi. Selanjutnya dia berharap kepada kakak-kakak panitia agar dapat memilih regu yang memang benar-benar bisa menjadi duta terbaik dari Kutim. Bukan memilih berdasarkan karena alasan kedekatan sekolah atau kedekatan pembinaan. Sehingga regu terbaik benar-benar mendapat kesempatan yang siap secara mental bertanding.

Sebagai bentuk dukungan untuk pembinaan, menurut Kasmidi, Kwarcab Pramuka Kutim saat ini tengah menyiapkan bumi perkemahan yang berlokasi di Bukit Patu Putih, Sangatta Utara. Luasnya mencapai sekitar 15 hektare. Bumi perkemahan dimaksud sengaja dikembangkan di daerah tersebut, karena memiliki pemandangan yang indah. Dikelilingi banyak bukit dan hutan-hutan yang masih asri. Untuk itu dia meminta seluruh masyarakat, khususnya para pramuka di Kutim dapat mendukung serta mendoakan agar bumi perkemahan tersebut bisa cepat digunakan. Sehingga Kutim memiliki bumi perkemahan yang representative dan tak kalah hebat dengan daerah lain.

“Saya berharap atas nama Pemerintah kepada adik-adik sekalian bisa buat yang terbaik. Walaupun lombanya masih di tingkat Kabupaten, tapi tentunya ini menjadi motovasi ketika bisa mewakili Kabupaten ke tingkat Provinsi bahkan nasional dan internasional" tutupnya.

Ketua Panitia Daud Boro P menjelaskan, lomba regu pramuka penggalang merupakan satu cara untuk mempersiapkan kader bangsa yang memiliki kepribadian, kepemimpinan yang berjiwa Pancasila. Disiplin, sehat mental, moral, fisik, berjiwa patriot, mampu berkarya, dan semangat kemandirian, peduli dan komitmen terhadap pramuka.

“Lomba regu pramuka bertema ‘Mandiri, Berprestasi, dan Berkarakter’. Mandiri diambil karena lomba ini, adalah lomba yang mempertemukan antara regu-regu berprestasi dari Kwartir Ranting se-Kutai Timur. Berprestasi, karena dalam kegiatan ini masing-masing regu akan memperebutkan satu tiket untuk putra dan satu tiket untuk putri. Untuk berlomba di ajang yang sama pada lomba tingkat empat Kwartir Daerah Kalimantan Timur." tambahnya.

Usai upacara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan penganugerahan tanda penghargaan Lencana Panca Warsa yang diberikan kepada 8 pembina, serta penyerahan bantuan dua paket alat musik band oleh Wabup Kutim Kasmidi Bulang.

(AJ/AJ)
  1. Info Kutai Timur
  2. Pramuka
  3. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA