1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Jelang pelaksanaan ujian nasional, Dinas Pendidikan gencar sosialisasi

“Sosialisasi ini untuk menyampaikan teknis pelaksanaan Ujian Nasional (UN),” kata Ahmadi.

Kadis Pendidikan Ahmadi Baharuddin didampingi para Kepala Bidang saat melakukan sosialisasi pelaksanaan ujian nasional bagi pelajar SMP/MTs. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Selasa, 28 Maret 2017 16:08

Merdeka.com, Kutai Timur - Untuk mempersiapkan pelajar dalam menghadapi Ujian Nasional (UN), terutama pelajar SMP/MTs, Dinas Pendidikan (Disdik) Kutim gencar melakukan sosialisasi. Langkah ini dimaksudkan, agar pihak sekolah bisa mempersiapkan sejak dini, dan pelajarnya juga lebih siap mental saat pelaksanaan UN nanti.

Setidaknya ada tahapan ujian nasional. Yang pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional berbasis Kertas Pensil (UNKP). Selanjutnya Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Terkait hal ini, lantas Dinas Pendidikan menggelar simulasi UNBK terbagi dalam 4 zona. Simulasi tahap I sudah dilaksanakan pada 27-28 Februari lalu. Pada 20-21 Maret adalah tahapan ke-2 UNBK. Selanjutnya try out pada 29 Maret hingga 1 April mendatang. Tahap selanjutnya 10-13 April Ujian Sekolah, 17-19 April Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Ujian Susulan USBN 25-27 April, Sinkronisasi UNBK Utama 27-28 April dan pada 2,3,4 serta 8 Mei UNBK dan UN berbasis Kertas dengan Pensil (UNKP). Terakhir UN susulan 22-23 Mei. Sedangkan pengiriman data hasil UN dikirim ke tingkat Provinsi 27 Mei dan pengumuman kelulusan 2 Juni 2017.

Namun sebelum ini, Disdik Kutim telah lebih dulu menggelar sosialisasi penyelenggaraan UN untuk siswa se-Kutim. Apa saja materi yang disampaikan? Peserta sosialisasi diberi paparan tentang filosofi ujian yang merupakan salah satu bentuk mandated examination (ujian yang diamanatkan atau di bawah pengawasan). Didesain untuk menggambarkan tingkat pencapaian keseluruhan sistem pendidikan, bukan pencapaian individu tertentu. Bentuk kongkritnya adalah ujian sekolah yaitu kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik terhadap standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran yang dilakukan oleh satuan pendidikan.

“Penyampaian teknis pelaksanaan Ujian Nasional (UN) terdiri, persyaratan dan pendaftaran ujian nasional, penyelenggaraan dan Pelaksanaan Ujian Nasional,” jelas Kadisdik Akhmadi Baharuddin didampingi Kepala Bidang Pendidikan Menengah Tri Untiastusti, di Hotel MS Sangatta Utara, belum lama ini.

Selanjutnya disosialisasikan pula bahan UN, pelaksanaan UNBK dan UNKP, pemeriksaan hasil UN. Selanjutnya penyampaian teknis pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Terdiri dari persyaratan dan hak peserta USBN dan penyelenggaraan berikut bahan USBN. Pelaksanaan USBN mulai dari pemeriksaan dan pengolahan hasil USBN hingga kelulusan turut disampaikan kepada seluruh peserta sosialisasi. Kegiatan sosialisasi melibatkan seluruh Kepala Sekolah SMP dan MTS baik swasta maupun negeri se Kabupaten Kutim. Dengan menghadirkan pemateri Abbas Husaini MPd, Susilo MPd, Saiful Rofiq Msi.


(AJ/AJ)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA