1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Bupati tinjau dermaga, Kapal Kudungga bakal sandar di Sangkulirang?

“Llebih baik kapal Kudungga bisa sandar di Sangkulirang, karena pelabuhan Kenyamukan progressnya masih berjalan,” kata Ismunandar.

Bupati Ismunandar dan rombongan melakukan peninjauan dermaga Sangkulirang, di sela-sela kunjungan kerjanya. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Jum'at, 08 September 2017 12:04

Merdeka.com, Kutai Timur - Jika selama ini kapal Kudungga bersandar di pelabuhan Lok Tuan, kota Bontang, diusahakan bakal sandar di Kutim. Salah satunya di dermaga Sangkulirang, apakah layak untuk bersandar kapal patroli tersebut atau tidak.

Guna melihat kesiapannya, Bupati Kutim Ismunandar awal pekan lalu melakukan peninjauan dermaga Sangkulirang yang berdekatan dengan pasar setempat. “Jika memungkinan lebih baik kapal Kudungga bisa sandar di Sangkulirang, lantaran pelabuhan Kenyamukan masih dalam tahap penyelesaiannya,” kata Bupati Ismunandar di sela-sela peninjauan dermaga Sangkulirang belum lama ini.

Menurut orang nomor satu di Kutim ini, apabila kapal Kudungga bisa sandar di dermaga Sangkulirang atau salah satu pelabuhan di Kutim, akan lebih fokus dan maksimal dalam melakukan patroli di perairan Kutim sendiri.

Kendati demikian, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan Pemkot Bontang dan Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Mulyan Budiarta. Sebab, selama ini operasional kapal Kudungga dijalankan pihak Lanal dan sandarnya berada di Bontang.

Dijelaskan Ismu, panggilan akrab mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP)) Kutim ini, peranan kapal Kudungga sangat penting dan strategis dalam menjaga perairan di wilayah Kutim dan sekitarnya, termasuk di Bontang.

Dikatakan, setiap saat kapal Kudungga bisa melakukan patroli untuk mengawasi perairan wilayah Kutim, terutama mengenai kemungkinan adanya tindak kejahatan. Antara lain illegal fishing, peredaran narkoba dan sebagainya yang melintasi wilayah perairan di daerah ini.

“Saya menyampaikan banyak terima kasih kepada Lanal Sangatta yang terus bermitra dengan Pemkab Kutim dalam mengoperasikan kapal Kudungga. Sehingga sejumlah agenda Pemkab Kutim berjalan lancar selama melintasi perairan daerah ini,” kata Ismu.

(AJ/AJ)
  1. Infrastruktur
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA