1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

126 korban kebakaran se-Kutim memperoleh bantuan pemerintah

“Total bantuan yang diserahkan sebanyak Rp 990 juta dan kita harapkan dapat meringankan beban mereka,” kata Jami.

Bupati Kutim Ismunandar menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran secara simbolis yang diwakili Anas, seorang warga desa Teluk Lingga yang rumahnya terbakar. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Jum'at, 02 Juni 2017 09:45

Merdeka.com, Kutai Timur - Kepedulian Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) kepada masyarakat cukup baik. Salah satunya adalah, masyarakat yang terkena musibah kebakaran selama ini, memperoleh bantuan dari Pemkab Kutim melalui Dinas Sosial (Dinsos) setempat.

Bantuan untuk korban kebakaran itu, diserahkan bupati Kutim Ismunandar secara simbolis pada acara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), HUT Satpol PP ke-67 dan HUT Otda belum lama ini. Kegiatan yang digelar di halaman kantor bupati itu, berlangsung meriah dan diikuti sejumlah pejabat sipil dan militer di Kutim serta kalangan pelajar maupun guru.

“Ada 126 orang yang terkena musibah kita berikan bantuan. Total bantuan yang diserahkan sebanyak Rp 990 juta,” kata Plt Kadis Sosial Jami Daik, di sela-sela acara pemberian bantuan saat mendampingi bupati menyerahkan bantuan tersebut.

Masyarakat yang memperoleh bantuan itu jelasnya, yang terkena musibah selama tahun 2015 dan 2016 lalu. Untuk rinciannya, bagi pemilik rumah yang terbakar mendapatkan bantuan Rp 10 juta, penyewa 5 juta rupiah dan rumahnya terbakar separuh mendapat bantuan Rp 5 juta. Mereka tersebar di sejumlah daerah, antara lain Kecamatan Sangatta Utara, Selatan, Sangkulirang, Bengalon, Muara Ancalong, Muara Bengkal dan Kecamatan Busang.

Diharapkan, dengan bantuan yang tak seberapa itu, bisa meringankan beban masyarakat yang terkena musibah kebakaran. Dikatakan Jami, pada saat terjadi kebakaran Dinas Sosial Kutim juga telah menyerahkan bantuan kepada anak sekolah berupa seragam sekolah termasuk buku tulis dan kelengkapannya, selimut, baju serta sembako untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.    

“Mudahan tidak ada lagi korban di kemudian hari. Dinas Sosial juga telah memetakan daerah rawan bencana baik itu kebakaran, bencana alam dan longsor,” jelas Jami Daik.

Dikatakan, mengenai penanganan korban banjir Pemkab Kutim juga telah menyerahkan bantuan paket sembako ke Kecamatan Telen, Muara Bengkal, Muara Ancalong, Busang, Batu Ampar dan Kecamatan Long Mesangat yang diserahkan langsung Bupati pada saat kunjungan dan meresmikan program pencanangan kampung keluarga berencana.

“Penyerahan paket sembako secara simbolis diserahkan minggu kedua April dan minggu ke dua Mei lalu. Sementara bantuan kebakaran diserahkan pada apel Harkitnas, Hardiknas, Hut Satpol dan hari Otda oleh bapak Bupati Ismunandar,” turut Jami Daik

Bantuan yang diserahkan secara simbolis itu, diwakili salah seorang korban kebakaran yang diterima Anas dari Desa Teluk Lingga, Kecamatan Sangatta Utara.


(AJ/AJ)
  1. Bantuan Pemerintah
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA