1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Tetapkan KUA-PPAS 2017, DPRD minta prioritaskan kebutuhan dasar warga

“Kita harapkan pemerintah memprioritaskan kebutuhan dasar masyarakat, seperti kesehatan, pendidikan, ifrastruktur dan pertanian,” kata Mahyunadi.

Bupati Ismunandar dan Ketua DPRD Mahyunadi menandatangani KUA-PPAS 2017 disaksikan Wabup Kasmidi Bulang dan dua wakil ketua DPRD Kutim Yulianus Palangiran dan Encek UR Firgasih. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 17 November 2016 07:40

Merdeka.com, Kutai Timur - Melalui sidang paripurna ke-45 di ruang sidang utama DPRD Kutim, Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran 2017 ditetapkan. Pihak pemerintah dan DPRD kemudian menandatangani nota kesepahaman penetapan KUA-PPAS tersebut, Rabu (16/11) 2016.

Mengawali rapat paripurna, Ketua DPRD Mahyunadi menyampaikan sejak diterima dari TAPD, pembahasan KUA PPAS sudah dilakukan dengan jajaran Pemkab Kutim melalui SKPD dan masing-masing komisi di DPRD yang membidangi. Dengan penetapan KUA-PPAS ini, Mahyunadi mengharapkan anggaran yang digunakan harus prioritas untuk kebutuhan dasar masyarakat seperti kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan pertanian.

“Kita harapkan pemerintah memprioritaskan kebutuhan dasar masyarakat, seperti kesehatan, pendidikan, ifrastruktur dan pertanian. Sehingga program percepatan pembangunan dan kesejahteraan bisa menjadi lebih baik lagi ke depan,” kata Mahyunadi.

Rapat paripurna itu selain dihadiri 32 anggota DPRD Kutim, penetapan KUA-PPAS juga dihadiri Wakil Bupati Kasmidi Bulang, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dalam tim anggaran pemerintah daerah (TAPD).

Sedangkan  Bupati Ismunandar saat ditemui usai rapat paripurna menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Kutim yang memberikan dukungan dan kerja sama yang baik dalam rangka melaksanakan berbagai program dan pembangunan. “Saya bersyukur bahwa pembahasan rancangan KUA-PPAS tahun anggaran 2017 ini dapat diselesaikan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Beberapa arah kebijakan pembangunan pemerintah yang disampaikan dalam KUA-PPAS tersebut menjadi prioritas Pemkab Kutimpada tahun 2017 mendatang. Setidaknya ada empat program prioritas, diantaranya perluasan akses pendidikan dan penyediaan sarana prasarana pendidikan, perluasan dan peningkatan akses bidang kesehatan, peningkatan bidang pertanian, peningkatan infrastruktur dalam rangka mendukung daerah pariwisata dan konektivitas daerah terisolir.
.
Program-program prioritas pembangunan ini harus dikedepankan melalui prioritas pembangunan yang ditetapkan pada tahun anggaran 2017. Semangat memacu pembangunan di Kabupaten Kutim merupakan manifestasi dari kesungguhan dalam pembangunan, sehingga akan memacu semangat semua untuk terus mencari dan meningkatkan sumber sumber pendapatan guna peningkatan kebutuhan masyarakat.

 “Dengan penetapan KUA-PPAS tahun anggaran 2017, maka eksekutif dan legislatif pada hakekatnya mempunyai tanggung jawab yang sama sesuai fungsi dan kewenangannya untuk pembangunan Kabupaten Kutim ke depan,” katanya.

(AJ/AJ)
  1. Info Kutai Timur
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA