1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Ribuan orang semarakkan jalan sehat peringati HUT ke 71 PGRI di Kutim

“Sebelumnya saya ucapkan selamat ulang tahun untuk PGRI ke 71. Saya tidak menyangka peserta yang hadir luar biasa banyak,” kata Kasmidi.

Sekkab Irawansyah mengibarkan bendera start jalan sehat yang diikuti ribuan orang, termasuk Wabu Kasmidi Bulang dan istri, memperingati HUT ke 71 PGRI di Kutim. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Jum'at, 25 November 2016 15:35

Merdeka.com, Kutai Timur - Jumat (25/11/2016) yang merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), menjadi momentum tersendiri bagi parta guru dan pelajar. Di kota Sangatta, peringatan hari guru diramaikan dengan jalan sehat yang melibatkan hampir 7.000 orang lebih.

Tak pelak lagi, sebagian jalan di kota Sangatta terlihat macet, terutama yang dilintasi peserta jalan sehat. Antara lain jalan Karya Etam, jalan Yos Sudarso II, jalan APT Pratono. Sedangkan tempat finish yang dipusatkan di Taman Bersemi, Sangatta Utara, tumpah ruah ribuan massa menjadi satu.

Peserta jalan sehat dilepas secara resmi oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Irawansyah di jalan Abdullah. Wabup Kasmidi Bulang dan istri Ny Tirah Satriani juga tampak ikut menjadi peserta jalan sehat berbaur menjadi satu dengan ribuan warga.

Sebelum pelepasan peserta jalan sehat oleh Sekkab Irawansyah, terlebih dahulu Wabup Kasmidi Bulang memberikan beberapa arahan dan sambutan. Dia mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah mengadakan kegiatan jalan sehat untuk memperingati HUT PGRI.

“Sebelumnya saya ucapkan selamat ulang tahun untuk PGRI ke 71. Saya tidak menyangka peserta yang hadir luar biasa banyak. (Jalan sehat) Ini tidak kalah dengan kegiatan di daerah lain, utamanya di kota-kota besar,” kata Kasmidi mengapresiasi.

Dia berharap organisasi para “pahlawan tanpa tanda jasa” ini bisa terus eksis untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia, Kutim khususnya. Selanjutnya, sambung dia, pada 29 November 2016 rencanaya Pemkab Kutim juga akan mengadakan jalan santai bertajuk “Bhineka Tunggal Ika”. Untuk itu, Kasmidi meminta kepada seluruh peserta yang hadir untuk kembali mempersiapkan diri guna mengikuti kegiatan serupa pada Selasa pekan depan. Tentunya dengan mengajak serta kerabat dan keluarga lainnya.

Sementara jalan sehat dilepas oleh Sekkab, Wabup bersama isteri Ny Tirah Satriani, Kadisdikbud Iman Hidayat yang juga Ketua PGRI Kutim dan pejabat lingkup Pemkab Kutim sudah lebih dulu membaur bersama ribuan warga lainnya.

Ketua panitia jalan sehat HUT PGRI, Ruslan, menjelaskan gerak jalan sehat PGRI kali ini diikuti oleh guru dan siswa seluruh sekolah yang ada di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. Mulai dari siswa TK sampai dengan SMA sederajat. Juga orang tua murid, komite sekolah, perwakilan satuan kerja perangkat daerah (SKPD), stakeholder dan masyarakat umum.

“Seluruh peserta dari konfirmasi semua sekolah dan komite Sangatta Utara dan Selatan yang ikut bergabung dalam gerak jalan sehat mencapai kurang lebih 7 ribu peserta,” ungkap Ruslan.  

Di garis akhir, panitia telah menyediakan banyak doorprize dengan  hadiah utama sebuah sepeda motor. Selain jalan sehat, Panitia HUT PGRI juga menggelar berbagai lomba tingkat TK sampai dengan SMA sederajat serta lomba bagi para pendidik. Antara lain seperti bola volley, senam PGRI, lomba mewarnai, menulis surat untuk Bupati, desain batik, menulis atau cipta puisi.

(AJ/AJ)
  1. Peristiwa
  2. Olahraga
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA