1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Kutim dukung Indonesia jadi poros maritim dunia

“Semuanya sudah siap, sesuai rencana. Karena pelabuhan kenyamukan masuk dalam jalur tol laut nasional,” kata Kasmidi.

Wabup Kasmidi Bulang berdialog dengan warga masyarakat sebelum masuk ke lokasi peninjauan jalan pendekat pelabuhan yang akan difungsikan Mei 2017 nanti. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Jum'at, 21 Oktober 2016 14:07

Merdeka.com, Kutai Timur - Pelabuhan Kenyamukan, Sangatta Utara, Kutai Timur yang bakal menjadi salah satu program pemerintah pusat untuk dijadikan tol laut Indonesia, kini terus ditingkatkan pembangunannya. Untuk mendukung hal itu, Wakil Bupati (Wabup) Kasmidi Bulang dan sejumlah pejabat instansi terkait, Rabu (19/10) lalu meninjau ke lokasi jalan pendekat ke pelabuhan laut tersebut.

Meski ada kendala lahan, Wabup Kasmidi optimis pembangunan jalan pendekat menuju ke pelabuhan Kenyamukan akan rampung sesuai target yang ditentukan dan bisa dioperasikan Mei 2017 mendatang. Ketika meninjau ke lokasi itu, Wabup dan rombongan sempat dihadang warga dan tak boleh masuk dengan menggunakan kendaraan roa empat.

Setelah terjadi negosiasi, akhirnya Wabup dan rombongan menggunakan sepeda motor untuk masuk ke lokasi jalan pendekat pelabuhan. Kendati demikian, Kasmidi cukup enjoy dibonceng naik sepeda motor.

Sampai di lokasi peninjauan, Kasmidi mendengarkan penjelasan sambil melihat peta lokasi jalan dan pelabuhan Kenyamukan. Menurutnya, semuanya dinilai sudah siap dan sesuai rencana. Diharapkan semuanya berjalan lancar dan tidak ada kendala apa pun.

“Semuanya sudah siap, sesuai rencana. Karena pelabuhan Kenyamukan masuk dalam jalur tol laut nasional, Kutai Timur siap mendukung pemerintah pusat untuk mendorong Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia,” kata Kasmidi.

Pihaknya optimis, kesiapan pembangunan pelabuhan dan infrastruktur pendukung Pelabuhan Kenyamukan yang masuk dalam jalur tol laut nasional itu akan beroperasi bulan Mei 2017 mendatang. Diharapkan, dengan beroperasinya pelabuhan Kenyamukan, Sangatta Utara, Kutai Timur itu, akan memberikan dampak ekonomi masyarakat lokal.

Dijelaskan, jika sudah operasi nanti, pelabuhan Kenyakuman akan melayani rute seperti Surabaya, Makassar, Pare-pare, Sangatta, dan Nunukan. Sehingga masyarakat Kutim akan lebih mudah untuk melakukan perjalanan melalui laut. Selain itu, kebutuhan bahan pokok bisa lebih murah, lantaran kapal barang dari Surabaya dan Sulawesi bisa langsung sandar di Sangatta.

Sebelum mencapai lokasi, Kasmidi sempat berdialog dengan sejumlah warga yang berada di lokasi. Setelah mendapat pencerahan dari Kasmidi, rombongan Pemkab Kutim akhirnya masuk ke lokasi jalan pendekat Pelabuhan Kenyamukan.

Dalam peninjauan ke lokasi tersebut, Wabup didampingi Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kutim  Johansyah Ibrahim,  Kepala Dinas PLTR Kutim  Ardiansyah,  Kabag Pembangunan Setkab Kutim Noviari Noor, sejumlah staf Dinas PU Kutim, Pemerintah Kecamatan Sangatta Utara dan Pemerintah Desa Sangatta Utara.

(AJ/AJ)
  1. Infrastruktur
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA