1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Idul Adha, masjid Agung dipenuhi ribuan umat Islam

"Bukan hanya di masjid-masjid, di lapangan juga dipenuhi warga umat Islam untuk menunaikan ibadah salat idul adha".

Bupati Ismunandar memberikan sambutan di masjid Agung sebelum proses pelaksanaan salat idul adha dimulai. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Senin, 12 September 2016 14:14

Merdeka.com, Kutai Timur - Pelaksanaan salat idul adha 1437 H di masjid Agung, kawasan Bukit Pelangi Sangatta tampak lancar dan kitmad. Sejak pagi, ribuan umat muslim berbondong-bondong menuju masjid kebanggaan masyarakat Kutim yang dibangun megah dan berada di kawasan perkantoran Pemkab Kutim tersebut.

Pemandangan Senin (12/9) tadi pagi tampak berbeda dengan hari biasanya. Umat muslim melaksanakan salat idul adha bersama. di masjid-masjid dan lapangan. Bupati Kutim Ismunandar dan istri serta keluarga juga menunaikan salat idul adha di masjid Agung, sangatta Utara.

Bukan hanya di masjid-masjid, di lapangan juga dipenuhi warga umat muslim untuk menunaikan ibadah salat idul adha. Ini sebagai tanda syukur kepada Allah SWT, untuk menjalankan salat sunah.

Jika dibandingkan tahun lalu, masyarakat yang melaksanakan salat Idul adha tahun ini di masjid Agung lebih banyak. Buktinya, ruangan masjid hampir penuh, baik di lantai bawan maupun lantai dua. “Ini merupakan kebanggaan bersama, karena masjid ini menjadi idola untuk salat idul adha maupun fitri setiap tahunnya,” kata sejumlah warga yang ikut salat di sana.

Masjid berlantai dua itu hampir penuh. Lantai bawah diperuntukkan kaum Adam dan lantai dua untuk kaum Hawa. Bahkan masyarakat cenderung menuju ke masjid kebanggaan masyarakat Kutim itu, karena mampu menampung jamaah cukup banyak, sekitar 15 ribu lebih.

Bupati Kutim Ismunandar dan keluarga juga melaksanakan salat idul adha di masjid Agung tersebut berbaur dengan masyarakat banyak. Sejumlah pejabat lingkup Pemkab Kutim juga melaksanakan salat idul adha di masjid yang cukup megah tersebut dan sebagian di masjid lainnya.

Lapangan parkir dipenuhi kendaraan roda empat dan dua. Bahkan parkir sampai di jalan-jalan sehingga kawasan Bukit Pelangi pagi itu tampak ramai dipenuhi kendaraan oleh berbagai lapisan masyarakat.

Sedangkan Bupati Ismunandar saat menyampaikan sambutan mengajak kepada seluruh masyarakat Kutim untuk saling bahu membahu membangun daerah ini secara bersama-sama. “Dengan kebersamaan, kita bisa membangun daerah ini dengan baik dan kuat,” katanya.

Wakil bupati Kasmidi Bulang dan istri serta keluarga melaksanakan salat idul adha di masjid Nurut Taqwa, Masabang, Sangatta Selatan. Pada kesempatan itu, Wabup juga membacakan sambutan bupati sebelum pelaksanaan salt idul adha.

Sedangkan Ketua DPRD Kutim Mahyunadi salat idul adha di masjid At-Taubah, Sangatta Selatan. Ketua Golkar Kutim ini juga membacakan sambutan bupati sebelum salat idul adha dilaksanakan.

Sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah  (FKPD) dan Camat juga membacakan sambutan bupati sebelum pelaksanaan salat idul adha di masjid yang sudah ditentukan. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mendekatkan pemerintah dengan masyarakat untuk menjalin silaturahmi.

 

(AJ/AJ)
  1. Info Kutai Timur
  2. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA