1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Bupati : Sudah saatnya membangun dari desa terlebih dulu

“Tidak mungkin Kutim bisa sejahtera, jika di desa masyarakatnya tidak sejahtera terlebih dahulu,” sebut Ismunandar.

Bupati Ismunandar ketika mengukuhkan Ketua dan anggota BPD desa Batu Balai kecamatan Muara Bengkal belum lama ini. Orang nomor satu di Kutim itu menjelaskan pembangunan harus dimulai dari desa terlebih dulu. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Minggu, 18 Desember 2016 14:01

Merdeka.com, Kutai Timur - Bupati Kutim Ismunandar mengatakan, sudah saatnya pembangunan seharusnya tumbuh dari desa. Untuk itu mulai tahun 2017 prioritas pembangunan, khususnya jalan penghubung termasuk di Desa Batu Balai segera dibangun dan ditingkatkan.  

“Apa yang menjadi kebutuhan masyarakat harus benar-benar terlaksana. Tidak mungkin Kutim sejahtera, jika di desa masyarakatnya tidak sejahtera terlebih dahulu. Sudah saatnya membangun dari desa terlebih dulu,” sebut Ismu sapaan akrab Ismunandar.

Pernyataan tersebut diungkapkan orang nomor satu di Kutim itu, ketika mengukuhkan Ketua dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Batu Balai, Kecamatan Muara Bengkal masa bakti 2015-2021 di Lapangan Bola Voli Desa Batu Balai, belum lama ini.

Mengapa demikian? Sebab, apabila desa sejahtera, maka secara langsung atau tidak kecamatan akan sejahtera dan kabupaten juga pasti menjadi sejahtera. Dijelaskan, dari program Rp 2 miliar sampai Rp 5 miliar per desa sesuai program “Desa Membangun” dalam Gerbang Desa Madu (Gerakan Pembangunan Desa Mandiri dan Terpadu), Bupati berharap pembangunan bisa dimulai dari pinggiran atau di tingkat desa.

“Tahun 2017, program (membangun desa dengan alokasi dana Rp 2 miliar hingga Rp 5 miliar) itu digulirkan untuk semua desa yang ada di Kutim,” jelas Ismu dan disambut tepuk tangan meriah oleh seluruh masyarkat.

Pengukuhan ini merupakan pergantian antar waktu (PAW) Ajudin Noor, Ketua BPD sebelumnya yang meninggal dunia. Posisi tersebut lantas diisi oleh M Daud, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua BPD. Ditambah seorang anggota baru yakni Arsani. Dua pengurus BPD Batu Balai dikukuhkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Kutim Nomor 141.2/K.767/2016 27 Oktober 2016.

Prosesi pengkuhan berjalan lancar dan hikmat disaksikan anggota DPRD Kutim Anton Darmawan, Kepala Dinas Kesehatan dr Aisyah, Kepala Bagian Humas Muchtar, Kepala Koramil Kapten Edward dan Pj Kepala Desa Batu Balai M Syarrif N, tokoh masyarakat serta ratusan masyarakat.

Selain mengukuhkan Ketua dan anggota BPD Batu Balai, kunjungan kerja Bupati hari itu juga dirangkai dengan penyerahan bantuan pada masyarakat. Yakni alat tangkap ikan atau jala sebanyak 30 buah dan penyerahan lampu senter 100 buah.

Saat menyampaikan laporan, Camat Muara Bengkal Suwandi mengatakan Desa Batu Balai yang memiliki daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.268 orang dan bakal calon kades 8 orang kondisinya selalu kondusif. Kendati berbatasan dengan Kecamatan Long Mesangat, Muara Ancalong dan Kecamatan Batu Ampar, masyarakat hidup rukun dan saling bahu membahu membangun daerah menjadi lebih baik.

Berikutnya ia berpesan kepada Kepala BPD yang baru agar dapat bekerja sama dengan baik. Utamanya koordinasi dan melaksanakan proses administrasi surat menyurat dari BPD, Desa dan Kecamatan menjadi lebih baik.

“Bangun komunikasi yang baik dengan semua pihak agar program-program di desa dapat terakomodir dengan baik. Sehingga proses pembangunan dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu,” harap Suwandi.

(AJ/AJ)
  1. Info Kutai Timur
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA