1. KUTAI TIMUR
  2. SENI BUDAYA

104 hasil kreasi daur ulang sampah bernilai tinggi dipamerkan

“Kami bangga dan mengapresiasi kepada semua pihak yang telah bahu membahu menggeliatkan kembali gerakan Jumat bersih,” kata Marthen.

Hasil kreasi daur ulang yang dipamerkan di halaman hotel Victoria. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 23 Maret 2017 11:45

Merdeka.com, Kutai Timur - Suasana di halaman hotel Victoria Sangatta Utara pekan lalu tampak beda dari biasanya. Penggiat sampah dan lingkungan berkumpul untuk membersihkan parit yang ada di depan hotel. Kemudian di halaman ada sejumlah hasil kerajinan kreasi daur ulang dipamerkan.

Jika selama ini sebagian orang melihat sampah hanya jadi hal yang menganggu, padahal jika diolah dengan sejumlah ide kreatif maka barang yang kerap berakhir di tempat pembuangan itu dapat menjadi barang seni dan bernilai ekonomi.

Ngak percaya? coba deh cek hasil kreasi dari sejumlah peserta mulai dari sekolah, tim penggerak PKK Kutai Timur (Kutim) yang ikut dalam lomba kreasi sampah daur ulang di kegiatan Jumat Bersih di halaman Hotel Royal Victoria Sangatta, beberapa waktu lalu.

Sebanyak 104 kreasi daur ulang dipamerkan, mulai dari sampah kertas koran yang diolah menjadi vas bunga, tutup air mineral menjadi tempat tisu hingga kardus koran yang disulap menjadi lukisan tokoh Pahlawan Indonesia Soekarno.

Staf Ahli  Bidang Kemasyarakatan, Administrasi Umum dan HAM, dr Martin Luther yang hadir pada acara tersebut mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang tetap konsisten melanjutkan program Jumat bersih, semoga kegiatan ini terus berlanjut serta  membawa kesan mendalam kepada masyarakat agar peduli kebersihan lingkungan dan kreasi daur ulang.       

“Kami bangga dan mengapresiasi kepada semua pihak yang telah bahu membahu menggeliatkan kembali gerakan Jumat bersih ini, semoga apa yang dilakukan dapat menginspirasi warga lainnya,” harapnya.

Luther menambahkan, lomba kreasi makanan dan daur ulang sampah ini diharapkan memunculkan banyak warga dengan ide-ide baru. “Saya harap dengan berjalannya waktu akan banyak warga yang membuat pangan berbahan singkong dengan ide-ide kreatif yang bernilai ekonomi,” harapnya.

Kegiatan Jum’at Bersih kali ini dirangkai dengan HUT ke-8 Hotel Victoria Sangatta. Selain melakukan bersih sampah disepanjang jalan AW Syahranie dari simpang tiga Yos Sudarso 3 hingga depan Hotel Victoria, juga ada lomba olahan makanan berbahan tapioka dan kreasi daur ulang sampah. Kegiatan ini  turut dihadiri Manager Hotel Royal Victoria Mawarni, Kasat Bimas Polres Kutim AKP Amri Idrus, Manager Community Empowerment (CE) KPC Nurul Karim, Kepala UPT KPP Basuki Isnawan, sejumlah pimpinan OPD, Organisasi wanita.

Panitia pelaksana yang juga manager hotel Royal Victoria Mawarni mengharapkan agar kegiatan seperti ini dapat terus dilanjutkan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan semoga makin banyak kreasi daur ulang dan pangan tapioca.
 

(AJ/AJ)
  1. Ekonomi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA