1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

PKK Kutim Kunker dan ‘belajar’ Pengelolaan Dasa Wisma ke Deli Serdang

“Kita ingin belajar banyak bagaimana mengelola Dasa Wisma hingga meraih juara pertama se-Indonesia,” kata Encek.

Ketua Tim Penggerak PKK Kutim Hj Encek UR Firgasih didiampingi Ketua PKK Deli Serdang dan rombongan ketika melihat berbagai kegiatan PKK setempat. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Rabu, 13 September 2017 15:55

Merdeka.com, Kutai Timur - PKK Kabupaten Deli Serdang yang merah juara pertama lomba pengelolaan Dasa Wisma, menjadi rujukan untuk belajar. Termasuk yang dilakukan PKK Kabupaten Kutai Timur, menimba ilmu ke Deli Serdang, Sumatra Utara.

“Kita ingin belajar banyak bagaimana mengelola Dasa Wisma hingga meraih juara pertama se-Indonesia. Kiat-kiatnya itu, akan kita terapkan di Kutim, sehingga kita aan berpacu untuk meraih prestasi yang terbaik juga di masa mendatang,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kutim Hj Encek UR Firgasih.

Rombongan PKK Kutim dipimpin langsung Ketuanya Encek UR Firgasih bertandang ke Deli Serdang. Selain itu, ada Seskab Kutim Irawansyah juga turut mendampingi kunjungan kerja tersebut. Kemudian Kadisperindag Edward Azran, perwakilan camat se-Kutim, serta ketua PKK kecamatan se-Kutim.

Menurut Encek UR Firgasih yang juga Wakil Ketua DPRD Kutim ini, Dasa wisma sebagai salah satu program kegiatan masyarakat memiliki peranan yang sangat penting. Diharapkan PKK kecamatan dan Desa bisa menerapkan hasil kunjungan kerja ke Deli Serdang ini.

Sesuai dengan nawacita Presiden RI Joko Widodo yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan Desa dalam kerangka negara kesatuan. Di mana Dasa Wisma adalah kelompok terkecil yang sangat berperan dalam melaksanakan pendataan keluarga dalam kelompok keluarga kecil di tingkat Kecamatan dan Desa.

“Semoga perjalan ini untuk ibadah menjalankan tugas kita masing-masing. Kunker ke Lubuk Pakam bersama Sekda, Kadis, camat, dan TP PKK sebagai upaya meningkatkan kualitas SDM untuk pembangunan Kutim yang fokus dan tuntas. Insya Alah, kunjungan ini nantinya diterapkan di Kutim agar mampu bersaing dengan daerah lain di Indonesia dalam pengelolaan Dasa Wisma”, harap istri Bupati Ismunandar ini.

Ada beberapa kegiatan yang dikunjungi selama berada di Deli Serdang. Di antaranya belajar menyusun anggaran dan bagaimana menjadi camat yang berprestasi. Diharapkan, ilmu yang telah di peroleh dapat diimplementasikan di Kecamatan dan Desa agar Progam Bupati Kutim fokus dan tuntas.

Sedangkan Sekertaris Daerah Kabupaten Kutim, Irawansyah mengatakan  kunker ini merupakan program yang cukup baik. Pihaknya ingin membandingkannya, paling tidak seberapa jauh keberhasilan Kutim  dan mungkin ada hal-hal yang bisa ditiru di sini (Deli Serdang), untuk diterapkan di Kutim nantinya.

“Jika kita hanya belajar di daerah saja tidak melihat keberhasilan daerah lain, kita tidak akan bisa membandingkan kemajuan  orang lain. Kita bisa mengambil  hal-hal yang positif  untuk diimplementasikan atau diterapkan di Kabupaten Kutim. Salah satunya  Dasa Wisma, kegiatan–kegiatan PKK, Dekranasda dan hal-hal positif lainnya untuk menuju Kutim fokus dan tuntas,” kata manta Sekretaris DPRD Kutim ini.

Dikatakan, Dasa wisma merupakan soko guru kelompok terkecil dari kelompok-kelompok kader PKK di Desa dan Kecamatan yang memiliki peran strategis dalam mewujudkan keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera. Dasa Wisma sebagai ujung tombak tim penggerak PKK dalam pelaksanaan program pokok PKK dan program pemerintah lainnya, karena PKK merupakan mitra pemerintah.

(AJ/AJ)
  1. Info Kutai Timur
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA