1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Bukber dengan Anshor, Bupati sumbang Rp 10 juta ke masjid Babul Jannah

“Tanamkan akhlak mulia lewat ajaran Al Quran, sebarkan nilai-nilai kebajikan dan keteladanan Nabi Muhammad SAW,” kata Ismunandar.

Bupati Ismunandar memberikan sambutan saat buka puasa bersama dengan jajaran GP Anshor di masjid Babul Jannah Pinang Dalam Sangatta Utara. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 15 Juni 2017 07:02

Merdeka.com, Kutai Timur - Kegiatan atau jadwal Bupati Ismunandar pada bulan suci Ramadhan ini sangat padat, terutama menghadiri undangan buka puasa bersama dengan masyarakat dan berbagai elemen lainnya. Selain itu, juga ada jadwal di pemerintahan.

Kendati demikian, orang nomor satu di Pemkab Kutim ini selalu meluangkan waktu jika diundang berbagai lemen masyarakat. Salah satu contoh ketika diundang GP Anshor untuk berbuka puasa bersama di masjid Babul Jannah, jalan Pinang Dalam, Sangatta Utara, Selasa (13/6) lalu.

Orang nomor satu di Kutim ini saat menghadiri undangan GP Anshor didampingi Seskab Irawansyah. Kegiatan yang dihadiri sekitar 500 jamaah itu antar lain dari Pengurus Nahdatul Ulama (NU), pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI), pengurus dan anggota GP Ansor, Pengurus BAZNAS, para muallaf, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, serta para muslimin dan muslimat.

Pada kesempatan itu, Ismunandar mengatakan, Alquran sangat penting diterapkan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Bahkan dalam beragama juga sejalan dengan empat pilar kebangsaan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan Undang-undang. Keutamaan empat pilar ini juga harus dipahami sesama muslim untuk terus dijunjung tinggi. Artinya jangan terjadi salah pandangan ketika membaca kitab suci harus benar-benar dimaknai amalan yang terkandung di Alquran.

“Alhamdulillah seluruh masyarakat khususnya di Sangatta sudah sangat dewasa, memaknai Alquran persis sama dengan menjaga empat pilar ini. Semua harus saling menghargai, ingat Negara Indonesia didirikan dengan kerja keras bersama-sama berjuang. Terus jaga siltarurahmi dan toleransi  bernegara dan bermasyarakat. Menjalankan syahadatnya sama yaitu kepada junjungan baginda Nabi Muhammad SAW,” tegas Ismu,

Buka puasa bersama sekaligus memperingati Nuzulul Quran itu, berlangsung semarak dan khitmad. Bupati mengajak seluruh jamaah menjadikan Alquran sebagai petunjuk dan rahmatan lil alamin. Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi semua seluruh alam semesta, termasuk hewan, tumbuhan dan jin, apalagi sesama manusia.

“Tanamkan akhlak yang mulia lewat ajaran Al Quran, dan kita sebarkan nilai-nilai kebajikan dan nilai-nilai kemanusiaan yang diteladankan oleh Nabi besar Muhammad SAW. Saya ingin menggaris bawahi yang menurut saya sangat penting. Di antaranya, pentingnya menjaga toleransi antarumat beragama demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan semangat kasih sayang kepada sesama,” paparnya.

Pada kesempatan ini, Ismunandar juga memberikan santunan sebesar Rp 10 juta diserahkan kepada perwakilan Masjid Babul Jannah untuk memajukan kegiatan keagamaan sekaligus kas masjid. Ismu yang dikenal sebagai bupati dermawan sangat memperhatikan seluruh masyarakat terutama warga Kutim.

Ketua GP Anshor Kutim Zainul Arifin sebelumnya mengatakan, organisasi yang dipimpinnya di Kutim ini menjadi salah satu organisasi kepemudaan Islam yang konsisten mendukung program Pemkab Kutim terutama mensukseskan Gerakan Pembangunan Desa Mandiri dan Terpadu (Gerbang Desa Madu). Dalam kesempatan itu Zainul mengucapkan terima kasih karena hingga kini GP Anshor masih bersinergi dan terus mendapatkan dukungan dari Pemkab.

(AJ/AJ)
  1. RELIGIUS
  2. BANSOS
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA