1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Sembilan anggota Pramuka wakili Kutim ikut Jambore di Malaysia

"Ikuti seluruh kegiatan dengan baik, ambil hal yang positif dari kegiatan tersebut,” kata Kasmidi.

Wabup Kasmidi yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Kutim berfoto bersama anggota pramuka dan pendamping yang akan bertola ke Malaysia. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Rabu, 23 November 2016 04:43

Merdeka.com, Kutai Timur - Jambore ke-13 di Malaysia yang digelar pada 25 Nopember hingga 1 Desember mendatang, menjadi momentum yang baik bagi sebagian anggota Pramuka Kutim. Setidaknya 9 anggota Pramuka daerah ini mewakili Kutim mengikuti event tersebut.

Kesembilan pramuka yang ikut jambore di Malaysia itu, Sabtu (19/11/2016) lalu dilepas Ketua Kwarcab Pramuka Kutim Kasmidi Bulang di Taman Bersemi, Sangatta Utara. Sebagian diantaranya sudah pernah mengikuti jamboree internasional di Korea Selatan beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan itu, Kasmidi yang juga Wakil Bupati (Wabup) Kutim ini didampingi Sekretaris Kwarcab Supratman mengatakan, agar Pramuka Kutim yang bergabung dengan kontingen Indonesia, bisa memberikan yang terbaik pada semua kegiatan yang diikuti untuk mengharumkan nama Kutim, Kaltim dan Indonesia di kancah Internasional tersebut. Kemudian dapat menyerap informasi positif sehingga bisa dijadikan motivasi bagi teman-teman pramuka Kutim yang tidak ikut berangkat.

“Dapat mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, jaga kesehatan dan selalu kompak dalam kegiatan. Ikuti seluruh kegiatan dengan baik, ambil hal yang positif dari kegiatan tersebut. Gali ilmu sebanyak banyaknya agar dapat diterapkan dan disampaikan kepada teman-teman setelah kembali dari Malaysia,” kata Kasmidi.

Bisa mengambil banyak pengalaman di negeri jiran agar dapat di aplikasikan di tanah air. Dia berharap anggota pramuka Kutim sukses mengikuti kegiatan Jambore di Malaysia,  serta kembali ke Indonesia dalam keadaan selamat.

Aji Nasafa dan M Akbar Bintang Frianda, dua di antara sembilan anggota Kwarcab Kutim yang berangkat ke Malaysia mengaku sudah mempersiapkan diri sejak jauh hari sebelumnya. Mereka mengikuti beragam kegiatan kepramukaan dan lomba-lomba yang digelar di kwarcab.

"Kita juga sudah mempersiapkan diri untuk menari di kegiatan pentas seni. Pastinya bersyukur bisa ikut ke Malaysia. Bisa mendapat teman baru dan pengalaman baru," kata Nasafa.

Sembilan pramukan Kutim yang dikirim terdiri dari 3 siswa dan 6 siswi dari SMP 1 Sangatta Utara. Selain Aji Nasafa dan M Akbar Bintang Frianda, ada Derry Darmawan,  Surya,  Caroline, Indah Sri Rejeky,  Sabrina Aurora dan Yedistia Aulia. Ditemani seorang pendamping dari pembina yaitu Syahril, serta dua peninjau yaitu Supratman dan Baihaki. Setelah pelepasan Kasmidi memimpin doa untuk seluruh peserta dan dilanjutkan ucapan selamat sekaligus foto bersama.

Sesuai informasi, rombongan pramuka Kutim akan berangkat dari Sangatta, Selasa (22/11) malam dan dari Balikpapan Rabu (23/11) pagi menuju Jakarta. Transit sebentar di Bandara Soekarno-Hatta dan lanjut ke Kuala Lumpur pada hari yang sama. Sedangkan acara jambore akan dibuka pada 25 November pagi dan di tutup 1 Desember 2016.

Peserta Jambore di Malaysia ini juga dilepas secara simbolis oleh jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). Sekretaris Disdikbud Eddy Sofiansyah kepada para pramuka berharap agar selama di negeri orang bisa menjadi kebanggaan orang tua, guru, kebanggaan daerah dan bangsa. Senantiasa beribadah dan berdoa.

(AJ/AJ)
  1. Info Kutai Timur
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA