1. KUTAI TIMUR
  2. SENI BUDAYA

5 November, Marching Band Cemerlang siap tampil di Bandung

“Semangat sumpah pemuda hendaknya ada dalam diri adik-adik. Bawa kebanggaan ini untuk mengukir prestasi yang lebih baik," kata Kasmidi.

Marching Band Gita Nusantara Cemerlang berfoto bersama Wabup Kamsidi B, Ketua DPRD Mahyunadi dan sejumlah pejabat, saat pelepasan karena akan tampil di Bandung pada 5 dan 6 Nopember mendatang memperebutkan piala Menpora RI. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 03 November 2016 05:35

Merdeka.com, Kutai Timur - Kompetisi Marching Band Championship (MBC) di Bandung yang berlangsung pada 5 sampai 6 Nopember mendatang, menjadi momentum bagi Kutim. Sebab, kabupaten ini memiliki potensi Marching Band yang memadai untuk tampil di event tersebut.

Salah satunya Marching Band Gita Naranta Cemerlang (MBGNC) di bawah binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). Komunitas ini pernah tampil pada HUT ke-17 Kutai Timur 12 Oktober lalu dan memukau para peserta upacara serta undangan.
 
Semangat anggota MBGNC untuk tampil di Bandung cukup bergelora. Diharapkan, penampilan MBGNC itu mampu membawa nama baik daerah serta membuat prestasi yang gemilang di kota kembang tersebut.

Bertepatan hari Sumpah Pemuda ke-88 lalu, Wakil Bupati (Wabup) Kasmidi Bulang berkenan melepas secara resmi tim MBGNC untuk bertolak ke Bandung mengikuti MBC ke VII di Bandung.

Pelepasan ditandai dengan pemasangan atribut personel marching bang oleh Wabup didampingi Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Kabupaten Mugeni, Kepala Disdikbud Iman Hidayat. Pelepasan disaksikan pula oleh Ketua DPRD Kutim Mahyunadi, Sekretaris Kabupaten Irawansyah dan sejumlah Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Sebelum melepas, Wabup Kasmidi Bulang mengatakan marching band merupakan hobi yang tidak dimiliki oleh semua orang. Untuk itu, hobi ini patut dipertahankan. Dalam setiap kompetisi pasti banyak kategori yang diikuti, maka dari itu harus terus menjaga kekompakan agar meraih hasil maksimal.

"Kuncinya cuma satu yaitu harus kompakan, tetap jaga konsentrasi, ketika ada masalah cepat sampaikan kepada pembina," pinta Wabup kepada seluruh personel MBGNC.

Selain itu, Kasmidi meminta agar seluruh pesonel dapat terus mempertahankan semangat dari waktu ke waktu. Meningkatkan kemampuan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi serta mengevaluasi kemampuan masing –masing demi meraih prestasi yang maksimal.

“Kita ingin semangat sumpah pemuda, yang kita peringati hari ini ada dalam diri adik-adik. Bawa kebanggaan ini untuk mengukir prestasi yang lebih baik lagi," kata Kasmidi menyemangati.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Mugeni melaporkan, MBGNC menjadi satu-satunya pewakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang mengikuti ajang ini.

“Rombongan akan berangkat menuju Bandung, Jawa Barat pada 1 November 2016,” jelas Mugeni didampingi Kadisdikbud.

Jumlah personel MBGNC mendapai 100 orang, ditambah 9 Official. Pada 2-4 November MBGNC akan melakukan uji lapangan dan baru mengikuti putaran BMBC pada 5-6 November 2016. Sehubungan hal itu Mugeni mengharapkan dukungan dan doa restu dari seluruh dari seluruh masyarakat Kutim. Agar MB GNC meraih prestasi maksimal di ajang nasional kali ini.

Diakhir prosesi pelepasan seluruh pejabat termasuk para lesgislator dan unsur FKPD, dipimpin Wabup Kasmidi Bulang tak lupa menyalami seluruh personel MBGNC satu persatu dan ditutup dengan foto bersama.
Ditambahkan oleh Manajer MBGNC Nurrahmi Asmalia, pada kompetisi ini MBGNC akan memperebutkan piala Menpora RI (Menteri Pemuda Olahraga Republik Indonesia). Personel MBGNC merupakan alumni sekolah, siswa SD, SMP dan SMA dari sekolah umum maupun swasta di Kutim. Sebelumnya MBGNC pernah sukses menjadi juara umum, Divisi Senior Umum Brass pada event Borneo Open Marching Band Competition (BOMBC) 2014.

(AJ/AJ)
  1. Info Kutai Timur
  2. Seni dan Budaya
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA