1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

PPU 'belajar' ke Kutim, sekaligus pertandingan olahraga persahabatan

"Pertemuan ini sangat baik bertujuan untuk saling bertukar informasi mengenai tupoksi yang sesuai perangkat daerah masing-masing,” kata Yanuar.

Disdukcapil PPU berkunjung ke Kutim, sekaligus menggelar pertandingan olahraga persahabatan untuk meningkatkan tali silaturahmi. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Minggu, 06 November 2016 08:03

Merdeka.com, Kutai Timur - Untuk menjalin tali silaturahmi antar dinas kabupaten/kota, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Penajam Paser Utara (PPU), melakukan kunjungan kerja ke Kutim. Salah satu tujuannya melakukan pertandingan olahraga persahabatan serta bertukar informasi mengenai administrasi kependudukan.

Sesuai Perda Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru disahkan beberapa hari hari lalu di DPRD, Disdukcapil Kutim memiliki tipe A. Sedangkan Disdukcapil PPU bertipe B, sehingga kedua instansi berbeda kabupaten ini bertukar informasi untuk saling melengkapi.

Selama ini, banyan kabupaten/kota yang telah melakukan kunjungan kerja ke Kutim, seperti yang dilakukan Disdukcapil PPU tersebut. Saat berkunjung ke Sangatta, rombongan PPU diterima Kepala Disdukcapil Kutim Januar Harlian Putera Lembang Alam (HPLA) mewakili Pemkab Kutim didampingi para stafnya di Kantor Disdukcapil jalan A Wahab Syahrani, Sangatta Utara, Kamis (3/11) lalu.  Sementara romobongan dari PPU dipimpin langsung oleh Kepala Disdukcapil PPU Suyanto. Pada kunjungannya kali ini, Suyanto didampingi Kepala Bidang Kependudukan dan Kepala Sub Bagian Program serta 12 orang stafnya.

Pertemuan yang dimulai pada pukul 10.30 wita tersebut berlangsung akrab. Diisi dengan diskusi mengenai administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Diantaranya mengenai struktur organisasi baru berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016. Dimana Disdukcapil Kutim mendapat type A dengan struktur 4 Kepala Bidang, 1 Sekretaris dengan masing-masing  3 Kepala Seksi. Sedangkan Disdukcapil PPU masih type B, rang berarti hanya terdiri dari 3 Kepala Bidang dengan 1 Sekretaris.

"Pertemuan ini sangat baik karena bertujuan untuk saling bertukar informasi mengenai tupoksi yang sesuai dengan perangkat daerah masing-masing. Juga membahas rencana program dan kegiatan tahun 2017," kata Kepala Disdukcapil Kutim Yanuar.

Usai diskusi, selanjutnya rombongan dari PPU diajak untuk meninjau ruangan dan kegiatan yang sedang berlangsung di Disdukcapil Kutim. Menyaksikan proses pelayanan sampai peninjauan ke ruang arsip. Melihat peralatan dan teknologi yang digunakan Disdukcapil Kutim. Tidak hanya itu, untuk mempererat tali silaturahmi, pukul 16.00 wita dilaksanakan pertandingan persahabatan antara tim futsal Disdukcapil PPU  melawan Disdukcapil Kutim di lapangan futsal 'Green Futsal' di jalan A Wahab Syahranie. Selanjutnya malam hari dilanjutkan dengan pertandingan bulutangkis yang dimainkan di Lapangan Surya, Jalan Hidayatullah.

Kepala Disdukcapil Kutim yang berdasarkan Surat Keputusan Sekretaris Pemprov Kaltim Nomor 470/4979/PEM.UM.D/2016 telah ditunjuk sebagai Ketua Forum Kepala Disdukcapil Kaltim periode 1 Juni sampai dengan 31 Desember 2016 menjadi satu alasan mengapa daerah lain ke Kutim.

(AJ/AJ)
  1. Info Kutai Timur
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA