1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Percepat perbaikan di pedalaman, sebagian ruas jalan ditutup

“Ada lima kecamatan yang mengalami kerusakan jalan, panjangnya diperkirakan 40-50 kilometer,” kata Aswandini.

Kadis PU Aswandiri Eka Tirta ketika meninjau pelaksnaan perbaikan jalan di kawasan pedalaman, harus turun berjalan kaki karena kondisinya. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Rabu, 08 Februari 2017 11:07

Merdeka.com, Kutai Timur - Perbaikan infrastruktur jalan di kawasan pedalaman sampai sekarang terus dilakukan, mengingat kondisinya sangat memprihatinkan. Konsekuensinya, untuk percepatan perbaikan itu sebagian ruas jalan terpaksa ditutup agar bisa berjalan lebih cepat.

Langkah perbaikan jalan yang dilakukan Pemkab Kutim bekerjasama dengan perusahaan yang memiliki areal di kawasan pedalaman, terus berlangsung. Dinas Pekerjaan Umum yang juga turun ke lokasi terpaksa melakukan penutupan sebagian jalan, demi keselamatan warga yang melintasi lokasi tersebut.

“Ada lima kecamatan yang mengalami kerusakan jalan, panjangnya diperkirakan 40-50 kilometer. Sekarang pekerjaan terus dikebut oleh Dinas PU bekerjasama dengan  perusahaan. Untuk lokasi yang terbilang parah dilakukan penutupan jalan agar proses pengerjaan berjalan lancar,” jelas Kepala Dinas PU Aswandini Eka Tirta saat melaporkan progres kegiatan dimaksud kepada Bupati Ismunandar dan Wabup Kasmidi Bulang.

Jalan rusak di lima kecamatan dimaksud yaitu Muara Ancalong, Muara Bengkal, Busang, Batu Ampar, Long Mesangat. Dinas PU saat ini tengah konsentrasi melakukan pengerjaan dan perbaikan mulai dari Jembatan Ngayau ke arah Muara Ancalong. Selain itu dilakukan penutupan jalan sementara waktu dari arah Muara Ancalong-Muara Bengkal. Supaya tidak menganggu para pekerja, karena dijalan yang ditutup terdapat 5 titit rusak dan 2 diantaranya sangat parah. Dia menambahkan, untuk pekerjaan di tiga jembatan yang rusak, kini dalam tahap perencanaan. Kemungkinan dalam minggu ini akan dilakukan perbaikan.

“Jembatan yang putus salah satunya ke arah Kecamatan Busang direalisasikan, bulan (Februari) ini rampung. Maka mulai minggu ini sudah mulai dikerjakan. Sementara jembatan kayu, yang penting bisa dilewati dulu lah,” tuturnya.

Selain laporan perbaikan jalan, Kadis PU juga menjelaskan terkait pembangunan jalan arah Pelabuhan Kenyamukan yang direncanakan, melalui program karya bakti bersama TNI. Aswandini menjelaskan pelaksanaan pekerjaan yang direncanakan melalui karya bakti dengan TNI itu tengah dikonsultasikan dengan Kejaksaan Negeri Sangatta agar kedepan tidak menimbulkan masalah. Kepada Kejari Sangatta dijelaskan tentang kronologi harga pembiayaan. Konsultasi dimaksud hampir selesai. Selain itu juga dikonsultasikan terkait lahan sengketa jalan pendekat ke Pelabuhan Kenyamukan yang belum dibebaskan.  

Wakil Bupati Kasmidi Bulang yang hadir mendapingi Bupati bersama Sekretaris Kabupaten Irawansyah menyampaikan terima kasih atas laporan progress perbaikan jalan di kecamatan. Dengan adanya perbaikan jalan tersebut diharapkan aktivitas masyarakat kembali normal. ”Alhamdulillah progressnya berjalan terus, diharapkan rampung secepatnya,” harap Wabup.

Sementara untuk jalan Kenyamukan, Wabup meminta ke Dinas Tata Ruang untuk terus melakukan koordinasi kepada pemilik lahan, agar bisa terselesaikan. Ditegaskan olehnya bahwa Pemkab Kutim berkomitmen membayar. Sehingga nanti saat pelaksanaan pembangunan, tidak ada warga yang menghambat. Progres pembangunan sarana dan prasarana serta fasilitas Pelabuhan Kenyamukan memang saat ini sedang dikebut agar segera selesai. Agar Mei nanti sudah bisa digunakan untuk uji coba tol laut.


(AJ/AJ)
  1. Infrastruktur
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA