1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Lomba bakar jagung sepanjang 3 kilometer, meriahkan HUT Kutim ke-17

“Lomba bakar jagung dilaksanakan di sepanjang jalan yang mengelilingi Folder Pasar Induk Sangatta, Rabu (12/10) besok,” jelas Kasmidi.

Selain lomba bakar jagung, peringatan HUT Kutim ke-17 juga dimeraihkan pawai budaya dan lomba lainnya yang cukup semarak. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Selasa, 11 Oktober 2016 22:53

Merdeka.com, Kutai Timur - Meski dilanda krisis ekonomi, namun kemeriahaan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kutim ke-17 tahun 2016 ini tetap diutamakan. Sejumlah lomba digelar dan sebagian telah dilaksanakan. Menurut rencana, Rabu (12/10) besok, sekitar pukul 10.00 Wita atau usai upacara apel di halaman kantor bupati, akan digelar lomba bakar jagung sepanjang 3 kilometer.

Kegiatan ini semula dilaksanakan sepanjang jalan menuju pelabuhan Kenyamukan. Namun karena lokasinya relatif agak jauh, kemudian dipindahkan di folder pasar induk Sangatta. Sepanjang jalan folder akan digunakan untuk lomba bakat jagung, supaya terlihat meriah dan mudah dijangkau masyarakat yang ingin menontonnya.

“Lomba bakar jagung akan dilaksanakan di sepanjang jalan yang mengelilingi Folder Pasar Induk Sangatta,” jelas Ketua Panitia HUT Kutim yang juga Wakil Bupati Kasmidi Bulang.

Dijelaskan Kasmidi, jalan yang mengelilingi folder diperkirakan 1,7 kilometer. Jika lomba bakar jagung dilaksanakan dengan menggunakan sisi kanan dan kiri jalan maka total panjang area yang digunakan untuk lomba tersebut mencapai 3,4 kilometer. Para pihak yang dilibatkan selaku panitia sudah diminta menyiapkan area dimaksud, sehingga lomba yang dimaknai sebagai pesta rakyat ini bisa berjalan lancar.

Selain itu, jika ingin menikmati hiburan, masyarakat bisa berkunjung ke lokasi Graha Expo Center pada 13 Oktober 2016 untuk melihat pagelaran seni dan budaya serta festival band. Bahkan pihak panitia juga rencananya akan menghadirkan artis ibukota. Tak kalah menarik, pada 14 Oktober 2016 akan diselenggarakan lomba perahu naga, yang lokasinya di Folder PIS, Sangatta Utara.

Sebagai upaya melestarikan kebudayaan tradisional, panitia masih akan menggelar lomba dan olahgara tradisional di Taman Bersemi, pada 15 Oktober 2016. Kemudian disambung pagelaran wayang kulit semalam suntuk, di halaman Kantor Camat Sangatta Utara, pada malam harinya.

Minggu, 16 Oktober 2016, kemeriahan pawai budaya ikut meramaikan jalan-jalan seputar ibukota Sangatta. Mengambil posisi start di jalan Sudirman depan Samsat Sangatta, pawai akan berkeliling menyusuri jalan Karya Etam, Yos SUdarso 2, jalan Wolter Mongonsidi, belok ke kiri menuju Jalan Diponegero, jalan Sudirman dan berakhir di halaman Kantor Camat Sangatta Utara.

Kemudian ada gerak jalan yang diikuti berbagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD), organisasi hingga siswa sekolah ini dilaksanakan, 20 Oktober 2016. Dengan rute mulai dari jalan A Wahab Syahranie di depan SMP 1 Sangatta Utara, kemudian melalui jalan Yos Sudarso 2, masuk ke jalan Karya Etam dan finish di Taman Bersemi, Sangatta Utara.

(AJ/AJ)
  1. Info Kutai Timur
  2. HUT KUTAI TIMUR
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA