1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Dijadwalkan, Rabu besok jamaah haji Kutim tiba di Balikpapan

“Sampai saat ini semua jamaah haji Kabupaten Kutim dalam keadaan sehat wal afiat,” kata Muchtar.

Jamaah haji Kutim sedang santai dan selfi bersama, sambil menunggu kepulangannya ke tanah air pada hari ini dan dijadwalkan Rabu besok sudah sampai di Balikpapan. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Selasa, 04 Oktober 2016 10:51

Merdeka.com, Kutai Timur - Jama’ah haji Indonesia embarkasi Balikpapan yang tergabung kloter 12 yang berjumlah 324 orang dijadwalkan kembali ke tanah air, pada hari ini, 4 Oktober 2016 dan tiba di Balikpapan keesokan harinya. Sesuai dengan jadwal dari penyelenggara ibadah haji RI, kepulangannya melalui bandara Internasional Amir Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Sesuai laporan Kabag Humas Setkab Kutim, H Muchtar, rombongan akan berangkat pada pukul 23.30 waktu Arab Saudi dan diperkirakan sampai di Balikpapan pukul 02.30 wita. Jamaah haji Kutim yang tergabung dalam kloter 12 ini berjumlah 132 orang.

“Sampai saat ini semua jamaah haji Kabupaten Kutim dalam keadaan sehat wal afiat. Dalam (rombongan) kloter 12 (Balikpapan), jamaah yang meninggal dunia sebanyak 2 orang. Yaitu H Iskandar dari Kutai Kertanegara dan H Syahrani dari Kabupaten Berau,” sebut Muchtar.

Menurut dia, selama pelaksanaan ibadah haji, kloter 12 termasuk yang beruntung, karena jarak Hotel Arkam Bakkah, di daerah Mahbas Jin ke Masjidil Haram cukup dekat, yaitu kurang lebih 1,5 kilometer (km). Selain itu, jamaah juga mendapat pelayanan yang baik dari panitia haji. Mulai akomodasi yang cukup representatif dan sangat nyaman bagi jamaah hingga pelayanan kesehatan.

Sehingga tidak sampai terdengar apalagi terjadi komplain atau keluhan terhadap pelayanan yang diberikan. Jamaah dari kloter 12 dilayani oleh 1 dokter dan 2 tenaga medis (perawat). Konsumsi yang disajikan tepat waktu bahkan lebih awal dari jam makan yang ditentukan setiap harinya, selama 24 kali atau 12 hari menjadi penanda pelayanan yang baik tersebut. Selebihnya jamaah memasak sendiri kebutuhannya. Namun hal itu tidak mengurangi rasa khusuk jamaah dalam beribadah.

"Sementara pada saat wukuf di Arafah, (jatah) makanan tetap dilayani oleh Panitia Haji. Demikian pula pada saat melontar jumrah di Mina, makanan tetap disajikan oleh Panitia Haji Indonesia,” kata mantan Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutim ini.

Muchtar kembali menjelaskan bahwa palayanan di Mina sedikit agak berbeda dengan di Makkah. Terutama masalah akomodasi yang menurutnya sedikit kurang representatif. Karena ukuran kamar yang agak kecil mesti diisi oleh 4 orang  jamaah. Sehingga untuk beraktivitas di kamar seperti makan dan lain-lain hampir seluruhnya dilakukan diatas ranjang.

Sedangkan untuk pelayanan distribusi jatah makan agak lebih baik dan teratur sesuai jadwal makan sesungguhnya. Contohnya, makan siang setelah sholat dzuhur, makan malam setelah sholat magrib. Direncanakan jamaah haji  kloter 12 embarkasi Balikpapan yang diketuai oleh  H Yarkani dari Bontang, akan tiba di Balikpapan pada Rabu besok, tanggal 5 Oktober 2016.

Jamaah akan diserah terimakan kepada pemerintah daerah masing-masing, sesuai asal daerah jamaah di embarkasi Balikpapan. Sementara untuk jamaah Kabupaten Kutim akan diserahterimakan oleh Ketua Kloter 12 Balikpapan H Yarkanie kepada pemerintah Kabupaten Kutim dan diterima langsung oleh Bupati H Ismunandar di Bukit Pelangi Sangatta, 6 Oktober 2016 sekitar pukul 8 pagi.  

“Semoga perjalanan jamaah kloter 12 embarkasi Balikpapan kembali ke tanah air dengan selamat dan kembali berkumpul bersama keluarga di daerahnya masing-masing. Semoga pula menjadi haji yang mabrur," pungkas Muchtar.
 

(AJ/AJ)
  1. Info Kutai Timur
  2. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA