1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Tarian kolosal dan defile, meriahkan HUT TNI ke-71 di Kutim

“Bersama rakyat TNI kuat, TNI tumbuh dan berjuang bersama rakyat dan itu tidak boleh pudar,” kata Gatot Nurmantyo.

Tarian kolosal dari pelajar memeriahkan HUT TNI ke-71 di Kutim yang dipusatkan di halaman kantor bupati, kawasan Bukit Pelangi. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 06 Oktober 2016 05:33

Merdeka.com, Kutai Timur - Drama Kolosal puluhan siswa siswi SMK Negeri 1 Sangatta Utara berjudul “Merah Putihku, Merah Darahku” dan defile TNI-Polri, Satpol PP dan Dishubkominfo ikut meriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 71 di kabupaten Kutai Timur (Kutim), Rabu (5/10) kemarin. Selain itu ada persembahan tarian dari pelajar SDN 002 dan SDN 004 Sangatta Utara juga ikut andil mewarnai hari jadinya para tentara tahun ini yang dibungkus dalam sebuah pelaksanaan upacara di halaman Kantor Bupati Kutim, kawasan Bukit Pelangi.

Upacara peringatan HUT TNI ke 71 ini dipimpin oleh Komandan Distrik Militer 0909 Sangatta Letkol Inf Setyo Wibowo selaku Inspektur Upacara. Turut hadir dipanggung kehormatan antara lain Wakil Bupati Kasmidi Bulang bersama isteri Ny Tirah Satriani, Danlanal Sangatta Letkol Laut P Donny Soharto, Kapolres Kutim AKBP Rino Eko, Sekretaris Kabupaten Irawansyah, sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan unsur Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (FKPD) serta pejabat lingkup Pemkab Kutim. Upacara diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari personel TNI-Polri, PNS dan TK2D. Sebagai awal rangkaian upacara, Dandim melakukan inspeksi pasukan di lapangan.

Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Dandim 0909 Sangatta Letkol Inf Setyo Wibowo mengatakan, peringatan HUT TNI kali ini sengaja digelar tidak terpusat agar dapat digelar di setiap wilayah dengan sederhana dan menunjukkan kearifan lokal. Seperti membaca puisi, unjuk seni hingga bedah rumah.

“Bersama rakyat TNI kuat, TNI tumbuh dan berjuang bersama rakyat dan itu tidak boleh pudar serta dikembangkan dengan pola pikir masyarakat modern,” ujarnya.

Selain itu pesan Gatot lainnya yakni para prajurit diajak menunjukkan netralitasnya saat gelaran Pilkada 2017 mendatang. Berlaku bagi perorangan dan institusi sekaligus memperhatikan kondisi sekitar. Melakukan tindakan lapor cepat apabila ditemukan pontesi hal tidak netral dan bisa menggangu tahapan pilkada.

Melengkapi peringatan HUT TNI kali ini, juga dilaksanakan penyematan anugerah tanda kehormatan Satya Lancana Kesetiaan dan Bintang Kartika Eka Paksi dari Presiden Republik Indonesia. Disematkan Dandim 0909 Sangatta kepada tiga prajurit TNI Kutim yang berjasa, luar biasa dan menunjukkan kesetiaanya kepada TNI, Bangsa serta Negara.

(AJ/AJ)
  1. Info Kutai Timur
  2. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA