1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Jamaah haji Kutim tiba, keluarga sambut dengan isak tangis

“Kita panjatkan rasa syukur tidak terhingga atas kedatangan jamaah,” kata Kasmidi Bulang.

Wabup Kasmidi Bulang menyambut kedatangan jamaah haji Kutim di masjid Agung, komplek islamic Center, kawasan Bukit Pelangi, Kamis (6/10) 2016. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 06 Oktober 2016 19:43

Merdeka.com, Kutai Timur - Setelah pergi ke tanah suci sekitar sebulan lebih, jamaah haji Kutai Timur yang berjumlah 133 orang, dengan selamat tiba di tanah air. Kamis (6/10) tadi, jamaah Kutim yang tergabung pada kloter 12, sudah sampai di kota Sangatta dan disambut secara resmi Pemkab Kutai Timur yang diwakili Wakil Bupati Kasmidi Bulang, di masji Agung, kawasan Bukit Pelangi.

Sekitar pukul 08.58 wita, iring-iringan bus yang membawa para jamaah haji Kutai Timur (Kutim) tiba di Sangatta. Kedatangan 133 jamaah haji Kutim tersebut disambut oleh Wakil Bupati Kasmidi Bulang bersama jajaran pejabat lingkup Pemkab lainnya diiringi tangis haru dan bahagia dari keluarga jamaah haji, Begitu sampai, jamaah langsung dikumpulkan bersama keluarga yang ingin menjemput sekaligus untuk mengikuti acara silahturahmi dengan sejumlah pejabat Kutim.

Wakil Bupati Kasmidi Bulang mengaku bersyukur atas kedatangan jamaah haji Kutim dengan keadaan selamat tanpa kekurangan satu apapun. Tentunya hal itu jauh berbeda dengan nasib kurang mengenakkan jamaah haji Indonesia yang tersandung masalah di Filipina.

“Kita panjatkan rasa syukur tidak terhingga atas kedatangan jamaah. Semoga nanti para jamaah dapat berbagi pengalaman dan memberikan informasi terbaru terkait pelaksanaan ibadahnya selama di tanah suci,” kata Kasmidi.    

Kasmidi tak lupa menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Bupati Ismunandar dikarenakan tugas ke luar daerah. Sehubungan hal itu, Wabup lantas menyampaikan salam Bupati Kutim kepada seluruh jamaah haji. Wabup berharap seluruh jamaah yang kembali dengan selamat menjadi haji yang mabrur. Menjadi masyarakat yang terus mendukung pembangunan pemerintah.

“Semoga usai menunaikan ibadah haji, jamaah bisa bermanfaat bagi keluarga, lingkungannya serta membantu pemerintah daerah dalam menyebarluaskan syiar Islam,” harapnya.   

Setelah sambutan, Wabup Kasmidi Bulang bersama Kepala Kementerian Agama Kutim Fahmi Rasyad, Sekretaris Kabupaten Irawansyah, Asisten Kesejateraan Rakyat Seketaris Kabupaten Mugeni, Asisten Administrasi Umum Sekretaris Kabupaten M Edward Azran, Staf Ahli Bupati, serta sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) memberikan ucapan selamat kepada seluruh jamaah haji.

Sebelumnya Kepala Kemenag Kutim Fahmi Rasyad melaporkan, para jamaah haji bertolak dari Bandara Madinah-Arab Saudi ke Balikpapan memakan waktu 11 jam perjalanan. Tiba di embarkasi Balikpapan Rabu (5/10) pukul 19.10 wita. “Tiba dalam keadaan selamat dan utuh sebanyak 133 jamaah,” jelasnya.

Dijelaska, bahwa Pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia sepakat untuk menambah jumlah kuota mulai tahun depan, setelah melihat keadaan di Masjidil Haram, yang sudah semakin baik. Berikutnya, pemerintah Indonesia melalui Kemenag juga menghindari pemberangkatan calon jamaah haji melalui Negara lain.

“Sehingga 2017 mendatang kuota Kutim dikembalikan seperti semula yaitu 168 calon jamaah haji,” terangnya.

(AJ/AJ)
  1. Info Kutai Timur
  2. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA