1. KUTAI TIMUR
  2. IKLAN BARIS

Hadiri syukuran Kades, bupati serahkan mesin pencacah singkong

“Maksimalkan semua potensi SDA yang dimiliki Desa Batu Lepoq untuk menyejahterakan masyarakat,” kata Ismunandar.

Bupati Ismunandar dan istri Hj Ence UR Firgasih foto bersama dengan kades Batu Lepoq dan sejumlah kepala OPD yang iktu hadir fan camat Karangan. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Senin, 10 April 2017 16:24

Merdeka.com, Kutai Timur - Setelah terpilih dan dilantik menjadi Kepala Desa (Kades) Batu Lepoq, kecamatan Karangan, Kutai Timur, Jumaah menggelar syukuran dan mengundang Bupati Kuti Ismunandar dan istri Hj Ence UR Firgasih yang melakukan kunjungan kerja ke wilayah pesisir Kutim.

Acara syukuran yang digelar Sabtu (8/4/2017) lalu, tak hanya bupati dan istri yang hadir. Sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang turut serta dalam kunjungan kerja juga menyaksikan syukuran kades Batu Lepoq tersebut.

Pada kesempatan itu, Bupati Ismunandar meminta kepada Kades Batu Lepoq agar dapat memajukan peningkatan pembangunan di desanya. Bersinergi dengan Pemkab Kutim dan camat untuk mengembangkan berbagai potensi kekayaan sumber daya alam (SDA) di desa.

“Maksimalkan semua potensi SDA yang dimiliki Desa Batu Lepoq untuk menyejahterakan masyarakat,” pinta orang nomor satu di Pemkab Kutim tersebut.

Usai memberikan sambutan, mantan Sekretaris Kabupaten ini menyerahkan mesin pencacah singkong gajah kepada Kades setempat. Diharapkan, mesin ini mampu membantu dalam hal pengembangan usaha singkong gajah ke depan.

Dia berharap pengembangan singkong gajah dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan Desa Batu Lepoq pada umumnya. Pada kesempatan ini, Bupati dan isteri juga menyerahkan simbolis bantuan berupa mesin pencacah singkong gajah sebelum di olah menjadi tepung tapioka.

Sebelumnya Kades Batu Lepoq menyampaikan kepada Bupati bahwa berbagai program kerjanya sudah banyak terlaksana. Tak hanya potensi perkebunan yang sudah berjalan sejak lama, namun juga perkebunan singkong, khususnya komoditi singkong gaja yang pengembangannya telah dicanangkan oleh Bupati Kutim di Rantau Pulung setahun lalu.

"Saat ini saja saya sedang mengembangkan perkebunan singkong gajah," terang Jumaah.

Wakil Ketua DPRD Kutim Ence Firgasih yang mendapat kesempatan menyampaikan sambutan menambahkan bahwa pihaknya akan terus memberikan pembinaan terhadap TP PKK dan majelis taklim diseluruh Kutim. Dia berharap seluruh kader TP PKK dan anggota majelis taklim dapat terus mendukung kebijakan pembangunan yang di usung oleh pasangan Bupati dan Wabup, Ismunandar dan Kasmidi Bulang.

Syukuran Kades Batu Lepoq semakin meriah berkat kehadiran artis ibu kota dan dua artis lokal Samarinda yaitu Leny Laura (KDI), Yuli Iskandar, dan Nouna Yuli biduan asal Kota Tepian Mahakam Samarinda. Seluruh penyanyi tampil menghibur dengan iringan pemain keyboard Usuf. Warga Desa Batu Lepoq tumpah ruah dan berjoged bersama Bupati juga Wakil Ketua DPRD malam itu.

Kehadiran Bupati Kutim Ismunandar dan isteri  di desa Batu Lepoq sudah dinanti warga setempat. Begitu turun dari kendaraan roda empat yang ditumpanginya Ismunandar dan isteri disambut dengan prosesi tepong tawar oleh Kepala Adat Suku Dayak Basap Ahmad Anjal didampingi Camat Karangan Suharman.

Ahmad Anjal mengungkapkan prosesi dimaksud memiliki makna keselamatan, kelancaran dan kesuburan. "Semoga saja dengan adanya prosesi sakral tepong tawar diharapkan roda pemerintahan berjalan lancar dan masyarakat pun makmur adil dan sejahtera," harapnya.

Dalam kesempatan itu Ahmad meminta kepada Bupati dan Isteri dapat memperhatikan kesejahteraan warga Suku Dayak Basap. Ahmad mewakili suku dayak lainnya berharap adanya program bedah rumah, pendistribusian air bersih dan pelestarian seni kebudayaan khas suku dayak.


(AJ/AJ)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA