1. KUTAI TIMUR
  2. PARIWISATA

Menikmati Pulau Miang, keindahan pulaunya masih asri

Kawasan tersebut merupakan pertemuan arus dari Selatan ke Utara, juga dari Laut Sulawesi ke Sungai Sangkulirang.

©2016 Merdeka.com Reporter : Muhammad Hasits | Senin, 01 Agustus 2016 15:12

Merdeka.com, Kutai Timur - Jika Anda punya waktu panjang untuk berlibur, yuk jalan-jalan ke Pulau Miang. Pulau ini terletak di Kecamatan Sangkulirang, Kutai Timur. Pulau ini disebut Pulau Derawannya Kutai Timur. Pulau Derawan merupakan pulau wisata yang terletak di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, yang sangat terkenal keindahan serta potensi kelautan dan perikanannya.

“Kawasan tersebut merupakan pertemuan arus dari Selatan ke Utara, juga dari Laut Sulawesi ke Sungai Sangkulirang. Potensi perikanan dan kelautannya sangat besar. Terlebih bila dikelola sebagai ekowisata. Kedua pulau itu merupakan Derawannya Kutim,” kata Kepala Pusat Penelitian Sumber Daya Alam Universitas Mulawarman, Bernaulus Saragih.

Ada dua pulau, Miang Besar dan Kecil. Keindahannya adalah pulau ini masih asri. Banyak spot buat menyelam dan snorkeling. Banyak pulau karang di sana hanya terlihat kasat ketika aor surut.

Belum lagi terumbu karang dan kondisi bawah airnya. Selama di sana, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang luar biasa.

Agar pulau ini makin dikenal masyarakat luas, salah satunya adalah menjadikan pulau sebagai kawasan konservasi. “Penetapan sebagai kawasan konservasi itu tidak semata tergantung tata ruang. Tetapi pada fungsinya. Penetapan sebagai kawesan konservasi perlu dilakukan,” katanya.

Bila kamu tertarik ke sana, perjalanan cukup jauh namun hasilnya memuaskan dan akan terbayar dengan keindahan alam. Butuh waktu kurang dari 8 jam untuk tiba di Sangkulirang dari pusat kota. lalu dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan kapal selama kurang lebih 1 jam. Karena itu, jika ingin trip ke sana minimal butuh waktu 2-3 haru agar bisa mengeksplorasi ke indahan alam di Kutai Timur.

(MH/MH)
  1. Zona Turis
  2. Wisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA