1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

PAUD miliki peran penting untuk masa depan generasi penerus

“Anak akan menerima dan menyerap informasi dari lingkungan sekitarnya, tanpa mengetahui baik dan buruk,” kata Ismunandar.

Bunda PAUD Kutim Hj Encek UR Firgasih yang juga Ketua PKK serta Wakil Ketua DPRD Kutim bersama rombongan ketika meninjau PAUD di Medan beberapa waktu lalu. ©2017 Merdeka.com Editor : Ardian Jonathan | Kamis, 09 November 2017 15:45

Merdeka.com, Kutai Timur - Mendidik anak usia dini tidaklah mudah, karena memerlukan keterampilan khusus. Para guru harus memperhatikan betul anak usia emas seperti itu, lantaran bakal menjadi generasi penerus yang bisa menentukan bangsa ini di masa mendatang.

“Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peranan penting untuk masa depan. Karena ketika usia dini, otak berkembang sangat pesat hingga 80 persen. Anak akan menerima dan menyerap informasi dari lingkungan sekitarnya, tanpa mengetahui baik dan buruk. Pada rentang waktu usia tersebut, terjadi perkembangan mental, fisik, dan spiritual pada anak secara cepat.  Bahkan banyak yang menyebutkan masa tersebut sebagai masa emas anak,” kata Ismunandar.

Potensi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kutim cukuo besar. Bahkan di setiap kecamatan memiliki PAUD, sehingga perlu dilakukan pembinaan secara intensif. Apalagi sekarang ini, Ketua TP PKK kecamatan juga sebagai bunda PAUD, sehingga keberadaan PAUD di daerah harus dibina secara baik.

Ismunandar mengatakan Pemerintah Kabupaten Kutim menyambut adanya PAUD di setiap kecamatan. Bahkan sekarang PAUD harus dilaksanakan satu tahun, sebelum anak tersebut memasuki ke jenjang Sekolah Dasar (SD).

Mantan Seskab Kutim ini mengatakan, anak-anak usia dini adalah potensi yang harus dibina. Dia meminta kepada semua elemen ikut memperhatikan masa emas pada pendidikan usia dini tersebut. Sebab, masalah pendidikan merupakan tanggungjawab bersama.

“Harus kita persiapkan sejak dini, untuk menyongsong masa depan Indonesia gemilang. Jika pengetahuan guru, pembina tidak kita tingkatkan, bagaimana kita dapat menyongsong Indonesia gemilang?,” kata Ismu seraya bertanya.

Dia berharap ke depan pengetahuan guru-guru di Kutim, terutama untuk pengajar anak-anak usia dini lebih meningkat. Sehingga masa emas anak-anak usai dini bisa terjaga dengan baik lantaran bakal menjadi generasi penerus bangsa.

Sementara itu Bunda PAUD Kutim Encek UR mengatakan PAUD merupakan suatu hal yang “penting” dan “genting”. Maksudnya penting, karena hal tersebut berpengaruh pada masa depan generasi penerus bangsa. Genting, karena waktu atau periode usia emas anak yang pendek.

“PAUD ibarat alat deteksi bakat anak sejak dini. Dengan begitu masa ke emasan anak akan berjalan dengan maksimal dan efektif. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kompetensi pendidikannya. Kegiatan ini merupakan langkah awal di 2017 untuk bersama-sama meningkatkan kompetensi guru PAUD. Pada akhirnya akan meningkatkan mutu layanan pendidikan PAUD di seluruh wilayah Kabupaten Kutai Timur,” katanya.

(AJ)
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA