1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Setelah dikukuhkan, pagi ini 36 anggota Paskibra siap jalankan tugas

“Saya minta adik-adik bersungguh-sungguh mengemban amanah dalam mengibarkan sang saka merah putih,” kata Ismunandar.

Bupati Kutim ismunandar memasangkan lencana secara simbolis kepada salah seorang anggta Paskibra yang kemarin dikukuhkan dan pagi ini siap bertugas mengibarkan bendera merah putih pada upacara detik-detik Proklamasi . ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 17 Agustus 2017 05:54

Merdeka.com, Kutai Timur - Suasana di Gedung Serba Guna (GSG) kawasan Bukit Pelangi, Rabu (16/8) kemarin tampak berbeda dari biasanya. Puluhan palajar mengenakan pakaian putih-putih memenuhi ruangan tersebut, untuk dikukuhkan sebagai anggota Pasukan pengibar bendera (Paskibra) pada upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, pagi ini di halaman kantor bupati.

Pengukuhan dilakukan bupati Kutim Ismunandar. Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Seskab Irawansyah, ketua DPRD Mahyunadi, Wakil Ketua DPRD Yulianus Palangiran dan Hj Encek UR Firgasih, unsure FKPD (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), kepala SKPD lingkung Pemkab Kutim dan sejumlah pejabat lainnya serta orangtua anggota paskib yang menunggu di luar ruangan.

Salah seorang anggota paskibra Aditya Guruh Saputra dari SMAN 1 Sangatta Utara, didaulat untuk memimpin upacara pengukuhan tersebut. Pengukuhan dimulai dengan menyanyikan lagu "Indonesia Raya" yang dilanjutkan dengan pembacaan ikrar oleh semua anggota Paskibraka. Pembacaan ikrar dipandu oleh anggota protokol dari Setkab Kutim.

"Apakah adik-adik siap berikrar?" tanya anggota protokol. "Siap bersedia," jawab semua anggota Paskibraka.

Bendera merah putih kemudian dibawa masuk oleh alumni anggota Paskibraka tahun lalu dengan meletakkan bendera merah putih di dada kiri. Setelah itu, ikrar dibacakan oleh seluruh anggota Paskibraka. Usai pembacaan ikrar, Aditya mewakili seluruh anggota paskibraka mencium bendera merah putih. Lagu "Padamu Negeri" mengiringi proses mencium bendera.

Bupati Ismunandar selaku pembina upacara didampingi Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Seskab Irawansyah dan beberapa jajaran pejabat Forum Kordinasi Pimpinan Daerah ( FKPD) serta beberapa deretan pejebat esselon Setkab Kutim kompak mengenakan jas lengkap dengan dasi dan kopiah.

Orang nomor satu di Kutim ini kemudian memberikan ucapan selamat kepada siswa-siswi di Kutim yang sudah berprestasi dan lolos menjadi anggita Paskibraka. Setelah dikukuhkan ada beban dan tanggung jawab besar membawa bendera pusaka merah putih pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi HUT Kemerdekaan Ri ke-72, pada Kamis (17/8) pagi dan sore hari ini.

“Saya minta adik-adik bersungguh-sungguh mengemban amanah ini dalam mengibarkan sang saka merah putih. Terima kasih sudah berlatih dan berjuang. Ribuan pasang mata akan hadir di kegiatan upacara HUT Kemerdekaan RI,” mantan Seskab Kutim ini.

Pengukuhan diakhiri dengan penyematan lencana dan ikat pinggang oleh Bupati. Selanjutnya, Ismunandar memberikan ucapan selamat kepada seluruh anggota Paskibraka 2017 diikuti Wabup Kasmidi Bulang dan undangan lainnya.

Untuk diketahui anggota Paskibraka pagi hari saat menaikkan bendera  merah putih pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi yang diberi tugas membawa bedera dengan baki adalah Jumiati Jiu asal SMA 2 Muara Wahau. Sedangkan komandan kelompok dipercayakan kepada Much Ichwan Ar Rizqie dari SMAN 1 Sangatta Utara, Pengerek Bendera Reza Dafa Ashar dari SMAN 1 Sangatta Utara, dan Komandan Pleton Paskibraka Muh Syauqi Ramadhani dari SMAN 1 Sangkulirang.


(AJ/AJ)
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA