1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Pilkades bakal digelar serentak

"Jika peraturan daerah tentang pemilihan kepala desa (pilkades) sudah disahkan dewan, pilkades digelar serentak se-Kutim," kata Ismunandar.

Bupati Ismunandar (dua dari kiri) menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan BPD kecamatan Batu Ampar.. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Sabtu, 13 Agustus 2016 15:44

Merdeka.com, Kutai Timur - Satu agenda yang dilaksanakan Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar saat kunjungan kerja ke Kecamatan Batu Ampar (Batam) adalah melantik Badan Permusyawaratan Desa Telaga periode 2016-2022. Pelantikan dilakukan di halaman Kantor Desa Batu Timbau disaksikan ratusan masyarakat setempat.


Turut hadir pada kegiatan dimaksud antara lain Kapolres Kutim AKBP Rino Eko Cahyaning Bawono Subagyo Putro, Anggota DPRD Kutim  Anton Darmawan, Asisten Pemerintahan Umum Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Syafruddin, Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekkab Mugeni, Staf Ahli Suko Buono, pejabat lingkup Pemkab Kutim serta Kepala Desa, Ketua dan Anggota BPD se-Kecamatan Batam.

Setelah melantik BPD, Bupati Kutim Ismunandar banyak menyinggung masalah desa yang hingga saat ini masih dipimpin oleh Pj atau pejabat Kades, bukan Kades definitif. Sehubungan persoalan dimaksud, Ismu meminta seluruh masyarakat untuk bersabar, karena masih menunggu hasil sidang paripurna DPRD Kutim berkaitan Perda pemilihan kepala desa serentak se-Kutim.

“Direncanakan 2-3 bulan ke depan sudah ada beberapa Kades definitif, utamanya yang telah lama menjadi Pj Kades,” sebut Ismu.

Orang nomor satu di Pemkab Kutim ini menyampaikan bahwa pemerintah akan terus berupaya melakukan pemerataan pembangunan melalui program “Gerbang Desa Madu” (Gerakan Pembangunan Desa Mandiri dan Terpadu). Dengan mengutamakan pengembangan agribisnis dan agroindustri, peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan serta terus melaksanakan pembangunan infrastruktur dasar bagi masyarakat. Pemerintah juga akan mengalokasikan dana sekitar Rp 2-5 miliar, sehingga geliat pembangunan dapat diawali dari desa dengan kebutuhan dan potensinya masing-masing.

Pengurus BPD Telaga dilantik berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Kutim 18 April 2016 Nomor 141.2/K.301/2016, yang berisi pengangkatan Sare Simon sebagai Ketua BPD Telaga periode 2016-2022 dibantu Wakil Ketua, Sekretaris dan 2 anggota.

Sebelumnya kedatangan Bupati disambut ribuan warga dan ratusan siswa sekolah. Ismunandar beserta rombongan sampai di Kecamatan Batam dengan menempuh perjalanan 3 jam dari Kota Sangatta.

Pada kesempatan itu, Camat Batam Darmansyah menyampaikan pelantikan Ketua dan Anggota BPD Telaga menyempurnakan kepengurusan seluruh Ketua dan Anggota BPD se-Kecamatan Batam. Karena, katanya, hanya BPD Telaga yang belum dilantik.

“Hari ini telah disempurnakan (dilantik) oleh Bupati. Selamat bekerja, bagun komunikasi semua sektor agar pembangunan dapat terlaksana dengan baik dan terkoordinir,” pinta Darmansyah.    

Saat ini jelasny, masih ada lima desa yang belum dipimpin oleh Kades definitif. Untuk itu dia berharap dalam waktu dekat Desa Mugi Rahayu, Himba Lestari, Beno Harapan, Mawai Indah dan Desa Batu Timbau dapat memiliki Kades definitif. Sehingga regulasi dan sistem pemerintahan desa bisa berjalan sebagai mana mestinya.

(AJ/AJ)
  1. Info Kutai Timur
  2. Pemerintahan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA