1. KUTAI TIMUR
  2. SENI BUDAYA

50 Penari hudoq Kutim akan ikut pawai budaya nusantara di TMII

“Kutim juga akan mengikuti expo kesenian dan kebudayaan selama event berlangsung, yakni 16-23 April 2017,” kata Iman.

Tarian hudoq asal Kutim yang akan tampil dan ikut pawai budaya nusantara pada 16 April mendatang. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Rabu, 29 Maret 2017 09:47

Merdeka.com, Kutai Timur - Potensi budaya di Kutim yang cukup baik, memperoleh kesempatan emas akan tampil pada acara pawai budaya nusantara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), 16 April mendatang. Ini sebagai momentum untuk mempromosikan wisata budaya ke dunia luar.

Tampilnya penari hudoq di TMII ini menjadi lebih istimewa, lantaran Kutim mewakili Kaltim pada perayaan HUT ke-42 TMII tahun 2017. Diharapkan, dengan tampilnya tarian hudoq di TMII, lebih mengenalkan budaya Kutim di seluruh nusantara maupun mancanegara.

“Kutim akan tampilkan 50 penari Hudoq pada pawai tersebut,” kata Kepala Disbud Iman Hidayat didampingi Liaision Officer (LO) Tim Kesenian Kaltim Fajrin Elsaputra.

Penari Hudoq Kutim yang dibina Disbud bekerjasama dengan Persekutuan Dayak Kalimantan Timur (PDKT) Kutim akan tampil bersama 34 Provinsi se Indonesia. Tak hanya itu, Kutim juga akan mengikuti expo kesenian dan kebudayaan selama event berlangsung, yakni 16-23 April 2017.

Iman berharap, dengan keikutsertaan Kutim dalam event kebudayaan nasional ini, potensi budaya di daerah ini dapat lebih dikenal luas. Tak hanya wisatawan nusantara, tetapi juga turis mancanegara. Sehingga pada akhirnya potensi kebudayaan yang mendukung kunjungan wisata di Kutim, yang pada akhirnya turut meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Iman yang mantan Kadisdik Kutim ini menambahkan, saat ini pihaknya telah melakukan pematangan persiapan sebelum keberangkatan ke Jakarta pertengahan April nanti. Menyiapkan para penari Hudoq dan kelengkapannya, meningkatkan latihan menari, sehingga bisa tampil maksimal di TMII nanti.

(AJ/AJ)
  1. Zona Turis
  2. Seni dan Budaya
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA