1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Kutim terima sejumlah bantuan dari Pemprov Kaltim

“Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy yang sudah berkembang. Tidak menutup kemungkinan seluruh kecamatan akan merasakan efek perekonomian di Maloy

Bupati Ismunandar menandatangani berita acara serah terima bantuan dari pemerintah provinsi Kaltim yang diserahkan Gubernur Awang Faorek Ishak. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Selasa, 13 Desember 2016 11:38

Merdeka.com, Kutai Timur - Saat melaksanakan kunjungan kerja ke Maloy, Kecamatan Kaliorang, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), selain melaksanakan ground breaking program pembangunan kereta api, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak juga mengunjungi Rumah Sakit Pratama Sangkulirang dan bersilaturahmi dengan masyarakat kecamatan.

Saat bersilaturahmi, Gubernur menyerahkan sejumlah bantuan untuk beberapa sektor berbeda yang langsung diterima oleh warga. Bupati Kutim Ismunandar beserta isteri Ny Encek UR Firgasih yang menyambut kedatangan orang nomor satu di Pemprov Kaltim ini turut menyaksikan penyerahan bantuan dimaksud, di Kantor Kecamatan Sangkulirang, Jumat, (2/11). Termasuk Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Danlanal Sangatta Letkol Laut (p) Mulyan Budiarta, Dandim 0909 Sangatta Letkol Inf Setyo Wibowo serta Anggota DPRD dan Kepala SKPD lingkup Pemkab Kutim.

Saat menyambut, Bupati Kutim Ismunandar mengatakan bahwa kehadiran rombongan Gubernur Kaltim di Kutim merupakan berkah bagi masyarakat. Sebab kebijakan Gubernur konsisten mendukung pengembangan kawasan di Kabupaten Kutim.

“Khususnya kawasan ekonomi khusus (KEK) Maloy yang sudah berkembang. Tidak menutup kemungkinan seluruh kecamatan akan merasakan efek dari kegiatan perekonomian di Maloy,” sebutnya.

Sehubungan hal itu, orang nomor satu di Pemkab Kutim ini mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kaltim. Dia berharap seluruh program Pemprov Kaltim yang terintegrasi dengan Pemkab Kutim di daerah ini dapat segera terealisasi. Berikutnya bantuan yang diterima dapat memberikan manfaat bagi pembangunan daerah dan masyarakat.

Bantuan yang diserahkan antara lain paket kelautan dan perikanan Rp 1,2 miliar, pembangunan PLTS (pembangkit listrik tenaga surya) untuk Kecamatan Kaliorang dan Bengalon sebesar Rp 3,8 miliar, pembangunan instalasi biogas di Kecamatan Kaliorang dan Bengalon Rp 771 juta, pembagunan jaringan distribusi listrik 600 kilowatt untuk Kecamatan Muara Bengkal yang terkoneksi dengan Kecamatan Long Mesangat sebesar Rp 10,2 miliar.

Sektor Perkebunan juga mendapat batuan antara lain untuk Kecamatan Kaliorang, Rantau Pulung, Bengalon, Muara Wahau dan Kecamatan Long Mesangat dengan total Rp 2,5 miliar. Sektor pertanian berupa 3 unit alat panen padi, pemotong rumput dan sealer (alat pengemas produk) untuk Kecamatan Kaliorang dan Kaubun.

Untuk pendidikan berupa bantuan buku kepada 506 siswa SMP dan SMA, beasiswa Kaltim Cemerlang kepada 393 siswa SD-SMA sederajat. Bantuan 3 unit sepeda gunung untuk penjaga sekolah di SD 003 dan 007 serta SMK Muhammadiyah. Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk ibu hamil, usia 0-5 tahun, anak pra sekolah, SD-SMA sederajat, disabilitas berat dan lanjut usia.

Selanjutnya penyerahan Bantuan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP ASI) untuk 674 peserta dan pemberian tambahan makanan ibu hamil kekurangan energi kronis untuk 479 orang. Juga ada bantuan sosial terencana bagi penyadang cacat, veteran, janda veteran, Panti Asuhan Ryadhul Ulum. Bantuan pembangunan rumah layak huni (RLH), serta paket perlengkapan taruna siaga bencana individu,  bantuan alat komunikasi untuk petani dan nelayan, pembagunan menara telekomunikasi untuk 3 kecamatan di Kutim dengan penempatan di Desa Maloy, Long Poq dan Desa Mekar Baru.

(AJ/AJ)
  1. Info Kutai Timur
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA