1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Ratusan kendaraan ramaikan takbir keliling sambut idul adha

"Pawai takbir keliling menjadi hiburan bagi warga kota Sangatta, lantaran kendaraan yang dihias dan penuh warna warni".

Ratusan kendaraan yang ikut takbir keliling menyambut hari raya idul adha malam ini di kota Sangatta. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Minggu, 11 September 2016 22:12

Merdeka.com, Kutai Timur - Pelaksanaan takbir keliling yang digelar Pemkab Kutim bekerjasama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kutim berjalan sukses dan lancar. Kegiatan yang dimulakan di depan masjid Agung kawasan Bukit Pelangi itu, dilepas secara resmi bupati Kutim Ismunandar pada Minggu malam (11/9) menyambut hari raya idul adha 1437 H  Senin (12/9) besok.

Pawai takbir keliling itu dimulai sekitar pukul 20.00 wita. Ratusan kendaraan roda empat dan roda dua ikut memenuhi undangan menjadi peserta takbir keliling. Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini cukup meriah, karena menjadi salah satu hiburan masyarakat kota Sangatta saat malam takbiran.

Pada kesempatan itu Bupati Ismunandar melepas bendera star sebagai tanda dimulainya takbir keliling menyambut Idul Adha atau hari raya kurban 1437 H. Begitu bendera star dikibarkan, ratusan peserta langsung menjalankan kendaraan mereka. “Tidak ada sambutan, langsung berangkat saja. Kita lepas bersama-sama, untuk menyambut Idul Adha,” kata Ismu, panggilan akrab mantan Sekretaris Kabupaten Kutim ini.

Ratusan kendaraan roda empat dan roda dua yang yang sudah menunggu sejak pukul 19.00 wita, langsung melesat menyemarakkan pawai yang digelar setiap tahun tersebut. Pawai takbir keliling malam ini, berlangsung semarak dan memberikan hiburan tersendiri bagi warga kota Sangatta, yang sudah menunggu dipinggir jalan protokol.

Kendaraan roda empat yang dihiasi berbagai macam, ikut menyemarakkan kegiatan takbir keliling tersebut. Sedangkan rute yang dilalui adalah, dari Bukit Pelangi menunju ke jalan Pendidikan, kemudian kiri, kawasan
jalan Yos Sudarso, kemudian balik kanan menuju ke Sangatta baru dan finish di kantor bupati lama, jalan Soekarno-Hatta.

SHOLAT IED

Pelaksanaan salat idul adha tahun ini, direncanakan Bupati Ismunandar dan keluarga akan salat di masjid Agung bersama masyarakat kota Sangatta.

Sedangkan Wakil Bupati Kasmidi Bulang dan keluarga salat di masjid Nurut Taqwa, Sangatta Selatan, sekaligus membacakan sambutan bupati.

Sementara itu Ketua DPRD Kutim Mahyunadi salat idul adha di masjid At-Taubah, Sangatta Selatan. Ketua Golkar Kutim ini juga akan membacakan sambutan bupati sebelum salat idul adha dilaksanakan.

Sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Camat juga akan membacakan sambutan bupati sebelum pelaksanaan salat idul adha di masjid
yang sudah ditentukan. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mendekatkan pemerintah dengan masyarakat untuk menjalin silaturahmi.

(AJ/AJ)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA