1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Kasad Jend TNI Mulyono bakal hadiri penutupan TMMD di Sangkulirang

“Momen kedatangan Kasad merupakan kebanggaan bagi kita semua juga masyarakat Kutim,” kata Kasmidi.

Wabup Kasmidi Bulang didampingi Dandim Letkol Inf Setyo Wibowo saat memimpin rapat persiapan penyambutan kedatangan KASAD Jend TNI Mulyono ke Kutim menghadiri penutupan TMMD di Sangkulirang. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Minggu, 23 April 2017 07:46

Merdeka.com, Kutai Timur - Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kutim dan dipusatkan di desa Mandu Pantai Sejahtera, kecamatan Sangkulirang, sudah mau berakhir. Rencananya, penutupan yang dijadwalkan pada 4 Mei mendatang, akan dihadiri langsung Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyono serta Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak

Persiapan penyambutan orang nomor satu di jajaran TNI AD itu, Pemkab Kutim bersama Kodim 0909/Sangatta menggelar rapat koordinasi dan melibatkan berbagai instansi terkait. Pertemuan itu dipimpin Wabup Kasmidi Bulang dan Dandim 0909/Sangatta Letkol Inf Setyo Wibowo, Jumat (21/4) lalu.

Dalam rapat pematangan tersebut turut hadir perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dan perwakilannya. Wabup Kasmidi  meminta  kepada camat dan jajarannya proaktif mendatangi masyarakat dan masing-masing kades dapat menyemarakan pelaksanaan dengan mengerahkan masyarakat.

Kepada masing-masing OPD dan stake holder (perusahaan) juga diminta partisipatif dalam memberikan sumbangsihnya terkait kehadiran Kasad TNI dan rombongan. “Momen kedatangan Kasad merupakan kebanggaan bagi kita semua juga masyarakat Kutim dan sudah pasti menjadi sorotan media nasional. Seluruh masyarakat harus dilibatkan, TNI-Polri, SatPol PP, pelajar mulai tingkat SD, SLTP, SMA/SMK,  Pramuka dan tenaga pengamanan perusahaan (sekuriti),” tegas Kasmidi.

Kasmidi meminta kepada Camat Sangkulirang Tajudin mewajibkan perusahaan perusahaan di desanya untuk meliburkan para karyawan serta turut mengerahkan keluarga karyawan perusahaan untuk dapat menghadiri pelaksanaan penutupan TMMD, karena event tersebut masuk ke skala nasional.

Menanggapi usulan Wabup Kutim, Camat Tajuddin akan segera menindaklanjutinya. “Kami siap mengajak warga termasuk karyawan dan keluarganya agar penutupan nanti bisa lebih semarak. Namun  terlebih dahulu saya juga akan mengkomunikasikan kepada masing-masing kades juga,” tuturnya.

Penutupan TMMD akan dikemas secara spektakuler, nantinya akan ada rangkaian hiburan  diantaranya penampilan grup band “The-Next”, aksi terjun payung dari rekan-rekan TNI, marching band secara atraksi dan atraktif (display), Bazar Murah, pengobatan gratis, khitanan masal, penyuluhan KB Kes dan aksi donor darah.

“Kami sendiri dari Kodim berharap target masyarakat yang dapat hadir sebanyak 7000 jiwa. Untuk itu mobilisasi massa hendaknya dipersiapkan dengan matang seperti kendaraan roda empat, speed boat dan kapal feri untuk penyeberangan,” tegas Setyo Wibowo.


Direncanakan, Kasad TNI Mulyono mendarat di Bandara Internasional Balikpapan, kemudian dengan heli menuju lokasi acara penutupan TMMD. “Tentunya kami dari jauh-jauh hari sudah bekerja sama dengan pihak perusahaan menyiapkan helipad (tempat landasan helikopter),” jelas Setyo Wibowo.

Menurut Dandim persiapan penyambutan kedatangan Kasad meliputi alat transportasi baik darat, perairan, udara, komsumsi, tenaga medis, operasional medis –ambulan-, tenda, dan panggung hiburan rakyat, serta rumah sakit rujukan dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Karena nantinya ada sesi terjun payung termasuk penyiagaan dua speed di lajur perairan terutama terkait penanganan evakuasi penerjun apabila tidak tepat mendarat di hot spot-nya karena jalur perlintasan penerjun di seputar perairan,” beber Dandim.

Menyangkut rujukan rumah sakit agar Dinas Kesehatan Kutim untuk mempersiapkan rumah sakit Pratama Sangkulirang dapat dijadikan rumah sakit rujukan nantinya. Hal ini guna mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan.



(AJ/AJ)
  1. Pemerintahan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA