1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

Wabup minta Ikapakarti ikut ciptakan kebersamaan membangun Kutim

"Campur tangan dari masyarakat dalam membangun keakraban dan kebersamaan sangat dibutuhkan,” kata Kasmidi.

Ketua DPP Ikapakarti Rusmadi Wongso menyerahkan bendera pataka kepada Ketua DPD Ikapakrati Kutim Sumarjana usai pelantikan di saksikan pengurus lainnya serta undangan. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Selasa, 15 Agustus 2017 07:09

Merdeka.com, Kutai Timur - Wakil Bupati (Wabup) Kasmidi Bulang meminta kepada seluruh paguyuban yang ada di Kutim, termasuk Ikaparti untuk berpatisipasi menciptakan kebersamaan membangun Kutim ke depan. Keberadaan paguyuban merupaka cerminan bahwa daerah ini merupakan keberagamaan yang mampu mempererat kebersamaan dalam berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat.

Hal itu diungkapkan Wabup ketika memberikan sambutan usai acara pelantikan pengurus DPD Ikapakarti Kutim yang diketuai Sumarjana. Pelantikan dilakukan ketua DPP Ikapakarti Rusmadi Wongso di halangan Taman Bersemi, Sabtu (12/8) malam. Kegiatan itu dirangkai hiburan wayang kulit semalam suntuk dan campur sari.

"Campur tangan dari masyarakat dalam membangun keakraban dan kebersamaan sangat dibutuhkan. Bukan hanya kerja Pemerintah tetapi kita semua, termasuk paguyuban,” kata Kasmidi.

Dia menyebut Pemerintah juga berkepentingan terutama dalam menjaga keutuhan, keamanan, ketertiban. Organisasi diperlukan serta dapat bersinergi dengan program pemerintah. Hal itu wajib didukung karena tujuannya untuk kepentingan masyarakat Kutim.

“Lembaga dan organisasi apapun namanya sepanjang tujuannya membangun, mari kita bersama-sama mendukung program tersebut,” pinta Kasmidi Bulang.

Sementara Ketua DPP Ikapakarti Kaltim Rusmadi menyampaikan organisasi ini dibentuk untuk mengakomodir kepentingan Keluarga Tanah Jawi di Kaltim, termasuk di Kutim. Untuk hidup rukun di daerah termasuk di desa terpencil.

“Posisi kita semua saat ini ada di Kaltim dan dimana Bumi dipijak disitu langit di junjung. Apapun profesinya harus memberikan baktinya kepada Kutim dan NKRI,” harap Rusmadi.     

Ketua DPD Ika Pakarti Kutim Sumarjana menjelaskan program strategis telah dirancang untuk wilayah Kutim dan sekitarnya. Selanjutnya akan mencontoh senior Ikapakarti Kutim dalam mengelola organisasi. Karena Ikapakarti di Kutim cukup banyak komunitasnya.

“Semoga Ikapakarti Kutim bisa menjadi media silaturrahmi untuk semua suku, sehingga tercipta suasana hidup guyub rukun,” harap Sumarjana      

Acara pelantikan dihadiri ratusan warga dan keluarga besar etnis Jawa. diakhir acara Kasmidi Bulang menyerahkan wayang kulit secara simbolis kepada pimpinan grup sebagai tanda dimulainya acara pentas wayang kulit semalam suntuk dengan dalam Bambang Sarjito.

(AJ/AJ)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA