1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

Timba pengalaman, 20 pramuka Kutim ikuti kemah Garda Museum

“Saya minta adik-adik pramuka, dapat mengembangkan diri melalui kegiatan-kegiatan di acara tersebut,” kata Kasmidi.

Wabup Kasmidi Bulang ketika melepas kontingen pramuka Kutim untuk ikut event kemah Garda Museum di Sanga-sanga. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Minggu, 28 Mei 2017 10:18

Merdeka.com, Kutai Timur - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kutim Kasmidi Bulang meminta kepada 20 anggota pramuka yang ikut kemah Garda Museum di Sanga-sanga, kabupaten Kutai timur, benar-benar mengikutinya dengan baik. Sebab, event itu bisa sebagai ajang menimba ilmu dan pengalaman ditularkan kepada anggota lain yang tak ikut serta.

Penegasan itu disampaikan Kasmidi yang juga Wakil Bupati (Wabup) Kutim itu, saat melepas 20 anggota pramuka, pendamping dan peninjau yang akan bertolak ke Sanga-sanga belum lama ini, di halaman teras kantor Bupati.

“Saya minta adik-adik pramuka, baik peserta, pendamping maupun peninjau dapat mengembangkan diri melalui kegiatan-kegiatan di acara tersebut,” kata Kasmidi.

Kasmidi mengatakan sebelumnya adik-adik pramuka telah melewati pembinaan dan persiapan. Baik fisik, mental kepribadian dan edukasi pendidikan dari para pendamping. Diharapkan dengan persiapan tersebut, peserta dari Kutim siap mengikuti kegiatan-kegiatan bukan asal berangkat saja.

“Kegiatan (kemah) di sana positif, menambah pengetahuan, semoga adik-adik dapat cepat beradaptasi,” harapnya.

Mantan anggota DPRD Kutim ini juga meminta agar perwakilan Kwarcab Kutim mampu menjadi duta dengan memberikan contoh prilaku saling menjaga. Tak hanya terhadap sesama rekan dari Kutim, namun juga dengan kawan dari daerah lain. Sehingga selama perkemahan nanti pramuka dari Kwarcab Kutim bisa menyerap informasi dan selanjutnya membagikannya kerekan-rekan di daerah asal.

“Serap sebanyak-banyaknya pengetahuan, teknologi terbaru yang ada untuk dibagikan ke rekan-rekan, (khususnya) yang belum ada kesempatan berangkat,” pinta Kasmidi.

Sebanyak 20 pramuka dari Kutim yang terdiri dari 8 laki-laki dan 8 perempuan, ditambah 2 pendamping serta 2 peninjau mengikuti Kemah Garda Museum sejak 18-23 Mei lalu. Yakni mengikuti kegiatan Saka Widya Budaya Bakti Krida Bina Cagar Budaya dan Museum. Kemah Garda Museum se-Kalimatan Timur (Kaltim) tahun 2017 ini diselenggarakan Balai Pelestarian Cagar Budaya Kaltim. Berkerjasama dengan Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kaltim, terpusat di Bumi Perkemahan SDN 002 Sanga-Sanga.

Pendamping peserta Yuli melaporkan, adik-adik kwarcab selama perkemahan mengikuti sejumlah kegiatan seperti lomba debat, pentas seni dan lainnya. Keikutsertaan pramuka Kutim ini diyakini mampu menambah motivasi, mengedukasi. Pramuka Kutim setidaknya mendapatkan pengalaman baru bersama rekan daerah lain.

”Disana ada debat cagar budaya, pentas seni, presentasi, lokakarya, sosialisasi saka widya budaya dan banyak lagi,” ungkapnya.

(AJ/AJ)
  1. Pramuka
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA