1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

Bupati lepas 133 calon haji Kutim

"Kami di sini mohon didoakan terkait kondisi ekonomi nasional yang berimbas di Kutim," kata Ismunandar.

Calon jamaah haji Kutim berdoa bersama di masjid Agung Sangatta, sesaat setelah pelepasan yang dilakukan Bupati Ismunandar. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 25 Agustus 2016 05:13

Merdeka.com, Kutai Timur - Pelepasan calon jamaah haji asal Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dilaksanakan di Masjid Agung, Komplek Islamic Center, Bukit Pelangi, Sangatta, Selasa (23/8/2016). Sebanyak 133 calon haji (calhaj) yang akan memenuhi panggilan Allah SWT ke tanah suci Makkah ini dilepas langsung oleh Bupati Kutim Ismunandar, ditandai pemasangan surban oleh Bupati kepada Sulimin Muh Tapo yang merupakan jamaah tertua berusia 79 tahun dan Adji Candara Kurniawan jamaah termuda dengan usia 23 tahun.

Acara pelepasan calon haji itu juga disaksikan Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Kabupaten Mugeni, Kepala Bagian Sosial Heri Supriyanto, serta sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Unsur Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (FKPD).

Sebelum melepas 133 calhaj Kutim, Ismu menyampaikan bahwa semua yang berangkat patut menyukuri kesempatan berangkat untuk ibadah haji yang telah diberikan. Untuk itu Bupati berpesan agar semua calhaj dapat saling menjaga, tidak membiarkan saudaranya berpergian sendiri.

"Jika ingin berjalan hendaknya bersama teman, jangan sendiri-sendiri agar tidak tersesat di sana (Makkah). Kami di sini memohon didoakan terkait kondisi ekonomi nasional yang berimbas di Kutim. Jika sempat saat di Arafah, doakan masyarakat Kutim agar suasana semakin kondusif dan diberi kemudahan dalam mencapai kesejahteraan yang dicita-citakan,” pinta Ismu.

Calhaj Kutim terdiri dari 60 laki-laki dan 69 perempuan, ditambah Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) 1 orang dan 3 dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI). Calhaj asal Kutim tahun 1437 H seluruhnya mengenakan pakai seragam batik motif warna hijau toska khas jamaah Indonesia. Tergabung dalam kloter 12 dengan maktab di Mahbas Jin, Kota Makkah Al Mukarramah.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kutim Fahmi Rasyad melaporkan, rombongan jamaah haji asal Kutim berangkat menuju Kota Balikpapan dan akan bergabung dengan Calhaj dari Kaltim lainnya.

"Jamaah calon haji Kutim, memasuki asrama haji di Balikpapan pada 25 Agustus pukul 11.00 wita. Diberangkatkan (ke Makkah) 26 Agustus pukul 10.55 wita menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Diperkirakan tiba pukul 18.30 waktu setempat dengan nomor penerbangan GA 4112," terangnya.

Fahmi menambahkan musim haji kali ini diperkirakan beriklim panas. Sehingga Calhaj diminta menjaga kondisi tubuh dan kesehatan. Apabila mendapati kesulitan, Calhaj diimbau untuk bertanya dan berkoordinasi dengan petugas haji dari Indonesia.

(AJ/AJ)
  1. Info Kutai Timur
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA