1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Pasar Wanasari, pertumbuhan ekonomi baru di kecamatan Muara Wahau

“Saya imbau yang menempati 14 kios ini dapat berjualan lancar turut menumbuhkan perekonomian baru di Muara Wahau,” kata Ismunandar.

Bupati Ismunandar saat menggunting pita sebagai tanda dimulakannya tempat penjualan untuk di kios pasar Wanasari kecamatan Muara Wahau. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Sabtu, 18 Februari 2017 14:01

Merdeka.com, Kutai Timur - Meski belum rampung pelaksanaan pembangunan pasar Wanasari, kecamatan Muara Wahau, namun sebagian kiosnya telah dimanfaatkan untuk berjualan warga. Hal ini diharapkan, cikal bakal pasar itu menjadi pertumbuhan ekonomi baru di kecamatan Muara Wahau dan pedalaman umumnya.

Bahkan Bupati Ismunandar di sela-sela kunjungan kerja ke kecamatan Muara Wahau Selasa (14/2) lalu, juga menyempatkan melihat kondisi pasar yang masih dalam tahap penyelesaian pembangunannya. Orang nomor satu di Pemkab Kutim ini meminta kepada pedagang agar berjualan dengan baik dan tenang dengan harapan pasar ini menjadi pertumbuhan ekonomi baru di Muara Wahau.

Pasar yang berada di lokasi pemukiman warga ini dinilai cukup strategis. Meski belum seluruhnya bisa digunakan, namun bupati minta agar kios-kios yang sudah selesai bisa dimanfaatkan untuk berjualan, walaupun belum diresmikan. Ketika meninjau lokasi, Camat Muara Wahau Irang Ajang dan Kepala Desa (kades) Wanasari Machmud ikut mendampingi.

Saat meninjau pasar, Ismu, panggilan akrab mantan Sekkab Kutim ini, meresmikan 14 kios yang sudah ada, dengan memotong pita. Namun menurut mantan Asisten Ekonomi Pembangunan ini, seluruh bangunan pasar belum rampung dan ini bukan diresmikan. “Artinya seluruh bangunan pasar belum bisa digunakan tapi ini hanya proses sementara peresmian penempatan yaitu sebagai tanda dimulainya kios-kios khusus para pedagang,” kata Ismu.

“Saya himbau untuk yang menempati 14 kios ini dapat berjualan dengan lancar turut menumbuhkan peningkatan ekonomi sebagai pusat pertumbuhan baru di Wahau dan menjadi kota baru daerah otonomi baru jika terbentuknya Kutai Utara (Kutara) nanti. Ke depan Pasar Wanasari akan berprogres lebih baik lagi menunggu bangunan semua selesai dan pedagang lainnya turut menyusul berjualan memajukan geliat kebutuhan sembako masyarakat,” tegasnya.

Camat Muara Wahau Irang Ajang mengatakan pembangunan Pasar Wanasari ini dibangun melalui APBD I pada tahun 2016 dan kembali diusulkan di 2017 untuk pembangunan selanjutnya.

“Saya optimis pasar Wanasari menjadi barometer tempat usaha memajukan usaha ekonomi terutama warga menumbuhkembangkan perekonomian di Wahau. Ini menjadi salah satu tempat efektif berbelanja untuk kebutuhan keluarga dalam membeli kebutuhan sehari-hari,” kata manta Sekretaris Badan Litbang Kutim ini.

(AJ/AJ)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA