1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Daerah diminta fokus dan tak perlu banyak program

“Harus benar-benar program yang dibutuhkan oleh daerah dan tentunya masyarakat,” kata Kasmidi.

Wabup Kasmidi Bulang saat enghadiri Musrenbangnas di Hotel Bidakara, Jakarta bersama gubernur dan bupati/walikota se-Indonesia. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 27 April 2017 23:44

Merdeka.com, Kutai Timur - Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musenbangnas) yang digelar di hotel Bidakara, Jakarta Rabu (26/4), dihadiri 34 gubernur dan 506 bupati/walikota se-Indonesia. Wabup Kasmidi Bulang mewakili bupati ikut hadir pada momentum yang penting dan dibuka langsung presiden Joko Widodo tersebut.

Usai menghadiri acara tersebut, Wabup menyebutkan beberapa pesan yang disampaikan orang nomor satu di Indonesia itu. Dijelaskan, daerah diminta untuk tidak banyak membuat program, namun harus fokus satu atau dua program saja, yang penting berjalan dengan baik.

“Tidak perlu banyak program, yang penting fokus,” kata Kasmidi menirukan apa yang dikatakan Presiden.

Sesuai arahan Presiden menurut Wabup dalam membangun paling banyak tiga prioritas pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Namun harus benar-benar program yang dibutuhkan oleh daerah dan tentunya masyarakat. Dijelaskan oleh Wabup, Jokowi meminta agar pembangunan yang dilaksanakan sudah melalui koordinasi yang baik antara Pemkab/Pemkot dan Pemprov serta Pemerintah Pusat maupun sebaliknya. Sehingga tidak ada program yang mangkrak karena perbedaan program akibat kurangnya koordinasi. Contohnya pembangunan pelabuhan tapi tidak ada jalan masuknya, pembangunan pasar namun tidak ada akses penghubung dan hal-hal lainnya.

“Akibatnya pelabuhan tidak berfungsi karena tidak ada aksesnya, dan pasar tidak bermanfaat karena tak ada masyarakat bisa berjualan di sana,” jelas orang nomor dua di Pemkab Kutim ini.

Intinya, sambung Wabup, pemerintah di daerah diminta untuk melaksanakan satu atau hanya dua program pembangunan namun fokus pada sasaran yang jelas. Sehingga pembangunan dapat dilaksanakan maksimal dan bisa diselesaikan dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat.

Musyawarah yang digelar sebagai tindak lanjut Musrenbang di daerah ini sekaligus demi memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 40 Tahun 2006 tentang RKP Tahun 2008.

Kehadiran Wabup bersama 34 Gubernur dan 506 Bupati serta Walikota se-Indonesia ini sekaligus memenuhi undangan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo melalui Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang P S Brodjonegoro.

Bersama total 541 peserta Musrenbangnas, Wabup Kasmidi Bulang mendengarkan dengan seksama arahan Presiden di Ruang Birawa, Hotel Bidakara, Jalan Jenderal Gatot Subroto Kavling 71-73, Jakarta Selatan.
Kegiatan berlansung sejak pukul 09.00 hingga jelang tengah hari. Di isi beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya laporan pelaksanaan Musrenbang oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, pemberian Anugerah Pangripta Nusantara 2017. Serta acara inti yakni pengarahan langsung dari Presiden RI Joko Widodo sekaligus membuka Musrenbangnas 2017.



(AJ/AJ)
  1. Pemerintahan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA