1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Turnamen sepakbola U-12, untuk mencari bibit bola sejak dini

“Ini merupakan ajang yang baik untuk mengetahui kemampuan dan bakat anak-anak, baik di Kutim maupun luar Kutim,” kata Ismunandar.

Para pelajar yang tergabung dalam SSB yang akan ikuti turnamen sepakbola U-12 dan U-14 di Sangatta beberapa waktu lalu. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Jum'at, 13 Januari 2017 08:48

Merdeka.com, Kutai Timur - Upaya yang dilakukan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kutim untuk mencari bibit pemain bola di daerah ini, salah satunya menggelar turnamen Usia 12 tahun hingga 14 tahun. Meski kegiatan itu melibatkan dari klub luar daerah Kutim, diharapkan mampu memotivasi pemain bola Kutim lebih terpacu untuk berprestasi ke depannya.

Turnamen berlangsung beberapa waktu lalu itu,  finalnya sudah dilaksanakan pada 8 Januari lalu. Dari hasil turnamen anak-anak dan remaja ini, untuk U-12 Rawa Indah Bontang mampu menjadi jawaranya. Sedangkan runer up ditempati Fosbi kaltim dan peringkat ketiga diraih Mitra Utama BPP dan Kompak Bontang.

Sedangkan untuk usia 14 tahun, juara pertama diraih BPU Bontang, tempat kedua Rawa Indah Bontang, juara ketiga bersama adalah SSA Kutim A dan SSA Kutim B. Para pemenang memperoleh tropi, piagam dan uang pembinaan.

Bupati Kutim Ismunandar yang juga Ketua Umum PSSI Kutim mengatakan, turnamen U-12 dan U-14 ini merupakan pembinaan usia dini. Selain itu menjadi ajang uji coba sekolah sepakbola di masing-masing klub yang ada di Sangatta maupun luar kota Sangatta.

“Ini merupakan ajang yang baik untuk mengetahui kemampuan dan bakat anak-anak. Utamanya yang tergabung di SSB, baik yang ada di Kutim maupun di luar Kutim,” kata Ismu.

Pihaknnya berharap, dengan digelarnya turnamen seperti ini, pemain bola terutama yang tergabung di SSB, semakin matang di lapangan. Dengan banyak bertanding, mental pemain anak-anak juga semakin dilatih untuk tampil terbaik di masa mendatang.

Usai memberikan sambutan Bupati Kutim Ismunandar memberi kesempatan penendangan bola pertama kepada Wakil Bupati Kasmidi Bulang, sebagai tanda dimulainya open turnamen liga pelajar. Turnamen ini juga mendapat perhatian masyarakat luas.

Sekretaris PSSI Kutim Syahmindar melaporkan, liga pelajar U-12 dan U-14 digelar selama 3 hari, diikuti peserta dari kota Balikpapan, Bontang, Samarinda dan Sangatta selaku tuan rumah. Turnamen ini menganut sistem setengah kompetisi.

“Ada 16 klub yang ikut bersaing dan berebut menjadi yang terbaik di open turnamen Bupati Cup I liga pelajar tahun 2017,” ungkap Syahmindar.

(AJ/AJ)
  1. Olahraga
  2. SEPAKBOLA
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA