1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Tunjang swasembada beras Dinas Pertanian harus tingkatkan produksi

“Kita harus dapat meningkatkan hasil pertanian, sehingga terwujud swasembada beras dan pangan,” kata Ismunandar.

Seorang petani sedang memanen padi hasil garapanya d tengah sawah dan diharapkan sektor ini mampu mendorong swasembada beras di Kutim. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 19 Januari 2017 10:43

Merdeka.com, Kutai Timur - Untuk menunjang swasembada beras, Dinas Pertanian (Distan) Kutim diharapkan terus mengembangkan dan meningkatkan produksi beras di masa mendatang. Lahan yang dinilai memiliki potensi untuk pertanian harus dijaga dan jangan beralih ke perkebunan.

Dinas Pertanian sebagai leading sector bidang pertanian dalam arti luas, hendaknya mampu memaksimalkan tugas pokok dna fungsinya. Sehingga pengembangan sektor pertanian bisa lebih baik lagi di masa mendatang.

“Kita harus dapat meningkatkan hasil pertanian, sehingga terwujud swasembada beras dan pangan,” kata Bupati didampingi Sekretaris Kabupaten Irawansyah saat memimpin rapat koordinasi menyangkut tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) di lingkup Dinas Pertanian yang dilangsungkan di Ruang Arau Kantor Sekretariat Kabupaten.

Tidak hanya itu, Ismu juga meminta sektor lain seperti peternakan juga ikut dikembangkan. Selanjutnya seluruh program pengembangan tersebut harus di sinkronisasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Contohnya soal data alih fungsi lahan dari pertanian ke perkebunan. Sehingga upaya pemerintah dalam meningkatkan hasil panen untuk swasembada pangan tidak terkendala.

“Keberhasilan pangan tergantung pada kinerja dan tupoksi Dinas Pertanian. Artinya kalau gagal panen sama saja masyarakat tidak ada makanan,” urai orang nomor satu di Pemkab Kutim.

Diakhir arahannya Bupati Ismunandar tak lupa mengucapkan kepada Dinas Pertanian untuk senantiasa mengedepankan profesional demi peningkatan kinerja. Dia berharap Dinas Pertanian mampu terus maju dalam mendukung berbagai sektor pertanian.

Sementara Sekkab Kutim Irawansyah menyatakan sangat mendukung arahan dan respon yang diberikan oleh Bupati Kutim Ismunandar. Untuk itu Sekkab mengimbau kepada pihak Dinas Pertanian dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan sebaik mungkin.

“Termasuk peningkatan hasil panen, melaksanakan swasembada beras serta memberikan pelayanan yang terbaik,” pintanya.

(AJ/AJ)
  1. Pertanian
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA