1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Sukseskan desa membangun pemerintah kecamatan libatkan stakeholder

“Pemerintah kecamatan dan desa memfasilitasi masyarakat agar memiliki lahan sawah per kepala keluarga,” kata Jeri.

Jeri ketika memimpin pertemuan dengan masyarakat untuk membahas program desa membangun di wilayah kecamatan Karangan. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Rabu, 11 Januari 2017 08:42

Merdeka.com, Kutai Timur - Untuk mengimplementasikan program yang telah dicanangkan pemerintah Kabupaten Kutai Timur, kecamatan Karangan langsung bergerak cepat. Berbagai potensi di wilayah itu didata kembali serta berkoordinasi dengan instansi terkait yang ada di wilayah kecamatan termasuk kalangan swasta.

Langkah ini ditempuh, agar desa membangun yang dicanangkan bupati Ismunandar dan Wakil Bupati Kasmidi Bulang bisa secepatnya terealiasi di lapanggan. Sehingga masyarakat desa benar-benar merasakan manfaat dan mampu meningkatkan kesejahteraanya.

Menurut Kasie Pelayanan Umum Kecamatan Karangan, Jeri Anri, pihaknya sudah melakuka kerjasama dengan berbagai pihak. Salah satunya mengelola persawahan, agar petani di kecamatan Karangan bisa lebih maksimal lagi. Kemudian berkoordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait mengenai program ini.

Bukan hanya di sektor perkebunan dan pertanian, pihaknya juga menggali potensi wisata yang ada di kecamatan Karangan. Dengan semangat kegotong royongan, pihaknya ingin warga bersama-sama seluruh pemangku kepentingan, bisa membangun Karangan lebih maju lagi di masa mendatang.

“Pemerintah kecamatan dan desa memfasilitasi masyarakat agar memiliki lahan sawah per kepala keluarga. Hal itu dibuktikan dengan kerjasama antar pemerintah Desa Karangan Hilir dengan PT Sumalindo Alam Lestari dengan penyediaan lahan sawah. Ke depan kita akan mengusahakan bibit dan pelatihan bagi masyarakat di 2017,” katanya melalui pesan singkat via telpon selularnya, belum lama ini.

Bukan itu saja, pada bidang perkebunan pemerintah Desa Karangan Hilir juga melibatkan Dinas Perkebunan dan Dinas Pertanian untuk pengembangan pertanian dalam arti luas. Di bidang perkebunan pada 2016 telah dibuka lahan tanaman kakao, sahang (merica) dibantu Dinas Pertanian. Sementara bibit sawit dibantu Dinas perkebunan tak hanya Pemkab namun juga Pemprov Kaltim. Pembangunan lain seperti jalan-jalan yang ada diwilayah pertanian terus dibuka dan diperbaiki. Pelaksanaanya dibantu perusahaan yang ada yaitu Indo Cem dan PT Sumalindo Alam Lestari, yang diproritaskan 2017 ini. Lewat Program Desa Membangun, Kecamatan Karangan juga terus berjalan kedepan dengan pembenahan pada potensi bidang ekowisata yang dimiliki Desa Karangan Hilir seperti karst, gua, air terjun.

“Kendala yang ada kini adalah kesulitan akses ketempat potensi wisata. Kedepan diharapkan segera mendapatkan bantuan dari para pihak untuk mengatasi kesulitan tersebut,” harapnya.

Terakhir prioritas lainnya yang terus dibangun yaitu memperbaiki fasilitas umum. Diantaranya listrik melalui kerjasama PLN agar menyala 24 jam, tersedianya air bersih, semenisasi jalan dilingkungan, penerangan jalan umum, pengadaan kotak sampah, peningkatan rumah ibadah, peningkatan alun-alun desa yang digunakan sebagai tempat acara besar dan hiburan rakyat.

(AJ/AJ)
  1. Info Kutai Timur
  2. PEMBANGUNAN DESA
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA