1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Meski libur nasional, Bimtek Kades terpilih tetap jalan

“Bimtek bertujuan memberikan pemahaman dan keterampilan dalam pengelolaan perencanaan program desa gerbang madu,” kata Saifudin.

Suasana coffe morning yang dipimpin Bupati Ismunandar didampingi Sekkab Kutim Irawansyah, salah satunya membahas masalah bimtek Kades terpilih tetap berjalan sebagaimana mestinya sesuai jadwal. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Senin, 13 Februari 2017 18:53

Merdeka.com, Kutai Timur - Meski hari Rabu (15/2/2017 mendatang ditetapkan sebagai hari libur nasional, namun Pemkab Kutim tetap menggelar pelaksanaan bimbingan teknis (Bimtek) bagi kepala Desa (Kades) terpilih. Hal ini sudah terjadwal sejak awal dan tahapannya harus berjalan sebagaimana mestinya.

Sesuai surat edaran Gubernur Kaltim Nomor 270/576/PPOD.III/II/2017 seluruh pegawai di provinsi Kaltim diliburkan karena penyelenggaraan pelihan kepala daerah serentak, namun pada hari itu Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) tetap menggelar sejumlah agenda kerja. Yakni bimbingan teknis (bimtek) untuk pembekalan kepada desa (kades) terpilih serta kunjungan kerja Bupati Kutim ke Kecamatan Muara Wahau.

Saat memimpin rapat kerja coffee morning, di Ruang Meranti, Kantor Sekretariat Kabupaten, Bupati Ismunandar meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait tetap menggelar bimtek bagi kades terpilih mengingat waktu pelaksanaan pelantikan 77 kades pada 17 Februari 2017 semakin dekat.

Sebelum pelaksanaan pelantikan kades, kata Ismu, panitia dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) harus mengundang perwakilan OPD yang terkait dengan program pembangunan desa. Untuk memberikan bahan dalam kegiatan bimtek kepada kades yang telah di data.

“Dengan tujuan memberikan pemahaman baru dan keterampilan dalam pengelolaan perencanaan program desa gerbang madu, dengan (alokasi anggaran)  Rp 2 sampai Rp 5 miliar. Banyak wajah-wajah baru yang akan menjadi kades, kami sudah meminta beberapa OPD untuk kesediaannya menjadi narasumber dalam bimtek. Untuk pembekalan masing-masing kades bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik sesuai dengan intruksi kerja bupati,” kata Sekretaris Dinas PMD Saifudin selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kadis PMD.

Mantan Camat Teluk Pandan ini menambahkan, khusus bimtek akan dilaksanakan pada Rabu (15/2) dan Kamis (16/2). Nah, untuk pelaksanaan pada hari Rabu yang bersamaan dengan hari libur nasional ada pilkada serentak tidak menjadi halangan kegiatan dan bimtek akan tetap dilanjutkan.

Untuk diketahui seluruh kades terpilih sudah disurati, termasuk nanti dalam pelantikan itu ada 6 orang pelaksana tugas dari desa pemekaran dari jumlah desa yang ada di Kutim sebanyak 133 desa yang juga akan dilantik. Dipastikan, Selasa (14/2) seluruh calon kades sudah berada di Sangatta. Baju pelantikan mengunakan pakaian dinas upacara (PDU) yaitu seragam putih dan beberapa undangan menggunakan jas hitam. Seluruh calon kades sudah disediakan penginapan oleh panitia yaitu di Hotel Lumbung dan Hotel Irfan.

Dalam rapat ini Bupati Kutim Ismunandar didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Irawansyah. Rapat dihadiri pejabat esselon II, III, dan IV dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kutim.

(AJ/AJ)
  1. PILKADES SERENTAK
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA