1. KUTAI TIMUR
  2. GAYA HIDUP

Ingin santai dan berolahraga, ke Bukit Pelangi saja

“Tidak hanya gedung pelayanan perkantoran pemerintahan saja, fasum seperti taman dan sarana olahraga lainnya juga ada,” ujar Ismunandar.

Di kawasan pusat perkantoran Bukit Pelangi, dilengkapi dengan taman untuk bersantai bagi masyarakat, juga enak untuk berolahraga jogging lantaran udaranya bersih serta ada masjid agung untuk sarana ibadah. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Senin, 10 Oktober 2016 09:48

Merdeka.com, Kutai Timur - Kawasan pusat perkantoran Bukit Pelang bisa dijadikan destinasi wisata, baik domestik maupun mancanegara. Selain memiliki berbagai keindahan dan keasrian alam yang memadai, di kawasan Bukit Pelangi juga ada beberapa taman untuk bersantai maupun gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk istirahat.

Di sejumlah titik, terdapat beberapa taman. Seperti Taman Bintang, Taman Bukit Pandang dan sebagainya. Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini banyak dikunjungi masyarakat kota Sangatta ketika sore hari maupun saat hari libur. Terlebih saat hari libur, ada juga masyarakat luar kota yang datang untuk menikmati keindahan taman di kawasan Bukit Pelangi tersebut.

Bukan itu saja. Jika datang ke kawasan Bukit Pelangi ada juga masjid Agung yang cukup megah dan sering dijadikan lokasi untuk selfi bagi warga kota Sangatta maupun luar kota Sangatta, saat datang ke Kutai Timur. Di masjid kebanggaan masyarakat ini, juga dilengkapi menara 99 meter yang bisa dikunjungi masyarakat, untuk melihat seluruh kota Sangatta dari atas menara dan melihat laut lepas.

Yang terbaru, kini sedang dalam tahap penyelesaian taman Bukit Pandang yang cukup indah. Ruang Terbuka Hijau itu dilengkapi gazebo untuk tempat istirahat pengunjung jika kecapekan berkeliling di kawasan Bukit Pelangi.


Menurut Marno, salah seorang pekerja gazebo di kawasan Bukit Pelangi, pengerjaannya tidak lama lagi sudah rampung. “Tinggal finishing saja, seperti pengecatan dan bersih-bersih lingkungan,” kata Marno menjelaskan.

Dengan adanya RTH yang dilengkapi dengan gazebo dapat memberikan sarana hiburan masyarakat dan menjadi destinasi wisata kota di ibukota kabupaten Kutai Timur ini. Sebab, di kota Sangatta tempat hiburan ruang tebuka hijau seperti ini masih kurang.

Apalagi di hari-hari libur, Taman Padang Bukit Indah dipadati warga Sangatta untuk menikmati panorama keindahan taman. Bahkan setiap pekan atau hari libur, kawasan itu dijadikan lokasi untuk berolahraga jogging secara turin bagi warga kota Sangatta. Selain udaranya bersih, pemandangan juga indah dan nyaman.

“Kita bisa melihat kota Sangatta dari sisi atas bukit Padang Indah. Sebagian kawasan kota Sangatta tampak terlihat dan indah saat sore dan pagi hari,” terang Marno.

Bupati Kutim, Ismunandar, mengatakan, Pemkab Kutim terus menata kawasan perkotaan dengan mengedepankan konsep penataan ruang hijau yang terintegrasi. Termasuk, pembangunan sarana penunjang RTH,  sebagai ruang publik.

“Tidak hanya fasilitas infrastruktur gedung pelayanan perkantoran pemerintahan saja, akan tetapi kami merambah ke beberapa fasum seperti taman dan sarana olahraga lainnya,” ujar Ismunandar.

(AJ/AJ)
  1. Zona Turis
  2. Wisata
  3. Info Kutai Timur
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA